Ini Deretan Startup Global yang Disuntik SoftBank

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
29 July 2019 20:10
Ini Deretan Startup Global yang Disuntik SoftBank
Jakarta, CNBC Indonesia - SoftBank belakangan ini gencar melakukan investasi pada beberapa startup di dunia. Suntikan dana dari SoftBank berasal dari venture capital bernama Vision Fund. Vision Fund merupakan venture capital yang dibuat SoftBank bersama beberapa raksasa perusahaan lain.

Beberapa perusahan yang sudah disuntikkan dana investasi oleh SoftBank antara lain, Uber, Ajaib, EV Hive, Tokopedia, dan Grab. Perusahaan-perusahaan tersebut tergolong perusahaan startup atau disebut sebagai perusahaan rintisan.

Inilah beberapa startup yang dapat suntikan dana dari SoftBank.


Uber Technologies

Uber merupakan startup pelopor ride hailing di dunia. SoftBank menyuntikkan dana ke Uber lebih dari US$3 miliar. Saat ini SoftBank merupakan salah satu pemegang saham utama Uber dengan kepemilikan 16% saham.


Ajaib


Ajaib, aplikasi perdagangan saham ini memang masih terbilang baru, tetapi startup ini sudah berhasil menarik minat investor kelas kakap.
Startup investasi online ini baru saja menyelesaikan putaran pendanaan awal dan mengumpulkan dana sebesar S $ 2,1 juta (Rp 21,4 miliar) yang dipimpin oleh SoftBank Ventures, Y Combinator, Alpha JWC, Insignia Ventures Partners.

EV Hive

Startup EV Hive mendapat suntikan dana segar senilai Rp 290 miliar, dana tersebut mengalir dari perusahaan modal ventura seperti SoftBank Venture, H&CK Partners dan Tigris.

Dengan pendanaan ini, EV Hive berencana ekspansi hingga ke 100 lokasi hingga ke Asia Tenggara. Perusahaan yang berfokus pada pengembangan co-working space ini sudah mengelola lebih dari 30.000 meter persegi ruangan kerja di 21 lokasi. Saat ini, EV Hive tengah mengembangkan delapan lokasi tambahan.

Tokopedia

Tokopedia mendapat kucuran dana, marketplace online di Indonesia ini mendapat pendanaan dengan nilai total US $ 1,1 miliar atau setara Rp 16 triliun. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Baru-baru ini juga Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari SoftBank, dan suntikan dana tersebut akan dipergunakan untuk mengembangkan kecerdasan buatan (artificial Intelligence) di Indonesia.



Grab

Perusahaan asal Jepang, SoftBank menyuntikan dana sebesar US $ 2 miliar (Rp 28 triliun) pada layanan transportasi Grab, investasi tersebut oleh Grab akan diarahkan ke pengembangan jaringan transportasi generasi baru.

Kepala Eksekutif SoftBank, Masayoshi Son mengatakan, bahwa SoftBank berencana  membuka kantor pusat kedua Grab di Indonesia, dan akan menjadikan Grab Indonesia sebagai unicorn ke-5 di Indonesia.

WeWork

WeWork merupakan startup co-working space asal Amerika Serikat (AS). SoftBank sudah menyuntikkan dana sebesar US$6 miliar pada startup ini. Sebelumnya startup ini bernama We Company.

Simak video tentang SoftBank di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading