Pengacara Youtuber Kimi Hime Sambangi Kominfo, Ini Hasilnya

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
29 July 2019 19:12
Pembahasan mengenai tiga konten di-suspend dan enam konten lainnya yang dibatasi umurnya di YouTube Kimi Hime dengan Kemenkominfo berlangsung hari ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pembahasan mengenai tiga konten di-suspend dan enam konten lainnya yang dibatasi umurnya di YouTube Kimi Hime dengan Kemenkominfo berlangsung hari ini (29/7/2019). Kimi Hime tidak hadir, tetapi diwakilkan kuasa hukumnya.

Pertemuan tersebut berlangsung dari pukul 11.00 WIB hingga 11.55 WIB di ruangan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.


"Kami sampaikan Mbak Kimberly atau Kimi memang belum hadir pada kesempatan pertama tetapi kuasa hukumnya," ujar Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Fedinandus Setu, seperti dikutip dari detikINET, Senin (29/7/2019).


"Dari pihak Kominfo tadi sudah menyampaikan apa alasan atau latar belakang kami lakukan tindakan beberapa hari lalu terkait konten YouTube Kimi Hime. Sudah disampaikan langsung kepada tim kuasa hukum mengenai sejumlah regulasi, ketentuan, koridor kita dalam melakukan (membuat) konten internet," tuturnya. 


Adanya pemblokiran sejumlah konten YouTube bernama Kimberly Khoe itu diharapkan bisa dijadikan momentum pembelajaran terhadap kreator konten kreatif lainnya saat ingin berkarya di dunia maya.

Dalam catatan detikINET, usai Kominfo mengatakan telah melakukan suspend tiga konten dan enam di antaranya diberlakukan pembatasan umur pada Rabu (24/7) lalu, ada 467 video di channel Kimi. Tetapi, saat ini jumlahnya berkurang menjadi 407 video. Artinya, ada sekitar 60 video yang 'hilang' di saluran YouTuber bernama Kimberly Khoe itu.

Foto: Kimi Hime (dok Instagram @kimi.hime)

Saat dikonfirmasi ke tim kuasa hukum Kimi Hime, mereka membenarkannya ada yang berkurang dari jumlah video YouTuber gaming tersebut. Namun saat ditanya berapa jumlahnya, mereka mengaku tidak tahu dan akan mengeceknya lagi.

"Iya memang sekarang kita batasi sementara," kata Irfan Akhyari di Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (29/7/2019).


Pembatasan yang dimaksud oleh Irfan adalah, Kimi tidak menghapus konten-konten miliknya melainkan hanya tidak memunculkannya ke publik.

"Karena itu kita batasi, sehingga tidak terjadi polemik-polemik berikutnya. Makanya, kita batasi dulu sebelum bertemu dengan Kominfo. Pada hari ini, Alhamdulillah sudah clear semua. Ada (videonya tidak dihapus-red) tapi nggak muncul," ungkapnya.


Irfan menambahkan Kimi Hime menjanjikan kalau kliennya itu akan menyambangi dan bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada pekan ini.

"Insya Allah kami dari tim kuasa hukum juga berjanji untuk menghadirkan Kimi Hime dalam pertemuan dengan pak Menteri pada minggu-minggu ini," kata Irfan Akhyari di Kementerian Kominfo, Jakarta.


"Saya juga akan berkoordinasi dengan Kimi mengenai kesediaan waktunya yang disingkronkan dengan jadwal pak menteri," sambungnya.

Simak video tentang Kimi Hime di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading