Jadi Youtuber, Benarkah Kimi Hime Dapat Rp 100 Juta/Bulan?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 July 2019 07:11
YouTuber YT PUBG Kimi Hime menjadi pembicaraan di medsos. Sebabnya, YouTuber gaming harus berurusan dengan Kominfo gara-gara konten video yang diunggahnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - YouTuber YT PUBG Kimi Hime menjadi pembicaraan di media sosial. Sebabnya, YouTuber gaming ini harus menghadapi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gara-gara konten video yang diunggahnya menjurus ke pornografi.

Di dunia maya, Kimi Hime memang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Instagram misalnya. Akun Instagram Kimi Hime sudah terverifikasi dan ada 1,2 juta pengikutnya. YouTube lebih banyak lagi. Ada 2,2 juta pengikutnya.


Lalu berapa penghasilan Kimi Hime sebagai YouTuber?


Jadi Youtuber, Benarkah Kimi Hime Dapat Rp 100 Juta/Bulan?Foto: Estimasi pendapatan Kimi Hime (socialblade.com)

Mengutip situs socialblade.com penghasilan Kimi Hime dari YouTube per bulan mencapai US$2.400 hingga US$38.800. Bila di rupiahkan dengan asumsi US$1 sama dengan Rp 14.000 maka penghasilannya mencapai Rp 33,6 juta hingga Rp 543, 2 juta. 


Bila disetahunkan penghasilannya bisa mencapai US$29.100 hingga Rp US$465.800 atau setara Rp 407,4 juta hingga Rp 6,52 miliar. Dalam 30 hari terakhir, akun YouTube Kimi Hime mendapat 9 juta viewers per konten video, dan 125 ribu penonton berlangganan (subscribers). 

Dalam membuat estimasi ini situs socialblade.com menggunakan cost per milion (CPM) terendah (US$0,25) dan CPM tertinggi (US$4) dikalikan dengan jumlah viewer yang didapatkan channel YouTuber per hari. CPM merupakan pendapatan dari iklan yang didapatkan channel YouTube.

Jadi Youtuber, Benarkah Kimi Hime Dapat Rp 100 Juta/Bulan?Foto: Estimasi penghasilan Kimi Hime (noxinfluencer.com)

Situs noxinfluencer.com punya perkiraan lain. Situs ini. memperkirakan pendapatan Kimi Hime dari YouTube mencapai US$17.896 per bulan (Rp 250,54 juta). Dalam setahun pendapatannya diperkirakan mencapai US$217.737,1 atau setara Rp 3,05 miliar.


Situs noxinfluencer.com menghitung penghasilan Kimi Hime berdasarkan CPM lokal yang dikalikan dengan rata-rata tampilan video. Tiap wilayah memang memiliki besara CPM yang berbeda-beda.

Jadi bila mengacu kepada kedua situs ini bukan tidak mungkin Kimi Hime memiliki penghasilan Rp 100 juta per bulan.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading