Kejutan! Ini Perangkat Huawei Pertama yang Pakai OS HongMeng

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
29 July 2019 14:38
Kejutan! Ini Perangkat Huawei Pertama yang Pakai OS HongMeng
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Huawei Technologies akhirnya membongkar perangkat pertama yang akan menggunakan sistem operasi (OS) besutan raksasa teknologi China ini yang diberi nama HongMeng.

Produk pertama tersebut ternyata bukan ponsel atau smartphone. Perangkat pertama yang gunakan OS HongMeng ada sebuah TV smart screen yang akan diluncurkan bulan depan.


Pengumuman ini disampaikan manajemen Huawei dalam acara peluncuran ponsel 5G pertama di China pada Jumat (26/7/2019), seperti dikutip CNBC Indonesia dari BGR.com, Senin (29/7/2019).


CEO Grup bisnis Consumer Huawei Richard Yu mengatakan Perusahaan ingin TV baru tersebut menjadi pusat dari entertaiment dan hub komunikasi dalam ruang kumpul pelanggan.

Kejutan! Ini Perangkat Huawei Pertama yang Pakai OS HongMengFoto: Seorang karyawan bersiap untuk konferensi pers tentang tindakan hukum Huawei yang sedang berlangsung terhadap tindakan Otoritas Pertahanan Nasional (NDAA) pemerintah AS di markas besarnya di Shenzhen, provinsi Guangdong, Cina 29 Mei 2019. REUTERS / Jason Lee

Asal tahu saja, HongMeng mulai dirancang Huawei satu dekade silam. Ketika itu Huawei ingin tidak terlalu bergantung pada Android yang bisa membahayakan kelangsungan bisnis.

Pada bulan Mei 2019, Google mengumumkan tak lagi mensertifikasi Android pada perangkat Huawei. Hal ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap pemerintah AS, yang memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist). Hal ini berarti perusahaan AS tak bisa berbisnis dengan Huawei tanpa lisensi.


Sejak itu, Huawei mempercepat peluncuran OS sendiri. Di China OS ini diberi nama HongMeng. Huawei juga sedang mendaftarkan nama OS di Eropa dan sembilan negara lebih dengan nama Ark.

Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading