Pelapak Asing di Toko Online

Ongkir Barang dari China di Lazada Cs Paling Murah, Kok Bisa?

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 July 2019 14:45
Ongkir Barang dari China di Lazada Cs Paling Murah, Kok Bisa?
Jakarta, CNBC IndonesiaKini tidak sulit untuk membeli barang dari China. Cukup kunjungi situs toko online atau e-commerce marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia hingga JD.id.

Barang-barang dari China ini menawarkan harga yang lebih murah dari produk yang sama produksi dalam negeri. Selain itu ongkos kirim (ongkir) bisa lebih murah.


Bayangkan saja, ongkir baju kemeja dari China ke Jakarta hanya Rp 8.000 hingga Rp 10.000 dengan waktu pengiriman kurang dari dua minggu. Sementara pengiriman barang dari barang dari bandung ke Jakarta Rp 6.000 hingga Rp 7.000. Padahal dari sisi jarak, China-Jakarta lebih jauh ketimbang Bandung-Jakarta.


Ketua Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA) Ignasius Untung mengatakan ongkir dari China yang lebih murah ketimbang ongkir di dalam negeri karena ada subsidi dari pemerintah Tiongkok.


"Pemerintah China sepertinya membuat kebijakan dan kemudahan dalam perijinan bahkan mensubsidi akibatnya ongkosnya bisa lebih murah  secara artificial," ujar Ignatius Untung kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dalam dunia e-commerce memang tak ada larangan produk negara mana yang dijual termasuk impor China atau negara lainnya. Platform e-commerce biasanya hanya memberikan daftar jenis barang-barang yang terlarang diperdagangkan, Shopee misalnya punya Kebijakan barang tertentu yang dilarang dan dibatasi. 

"Merupakan tanggung jawab penjual untuk memastikan bahwa barang yang mereka ajukan mematuhi semua undang-undang dan diizinkan untuk didaftarkan untuk dijual sesuai dengan ketentuan dan kebijakan Shopee sebelum pendaftaran barang pada platform penjualan," jelas Shopee dalam penjelasannya di situs daring mereka.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading