Kejutan, Shopee Geser Tokopedia Jadi Raja e-Commece RI

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
12 March 2020 12:49
E-commerce Shopee berhasil menggeser Tokopedia sebagai situs toko online paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Riset terbaru iPrice soal persaingan toko online menunjukkan hasil yang mengejutkan. E-commerce Shopee berhasil menggeser Tokopedia sebagai situs toko online paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Berdasarkan data iPrice, pada kuartal IV-2019, rata-rata pengunjung Shopee mencapai 72,97 juta per bulan. Adapun Tokopedia mencapai 67,9 juta pengunjung, seperti dikutip Kamis (12/3/2020).


Secara tahunan Tokopedia masih menjadi situs e-commerce paling banyak dikunjungi di Indonesia. Rata-rata pengunjungnya mencapai 75,5 juta per bulan. Adapun Shopee hanya 61,67 juta per bulan.


Namun data terbaru ini harus menjadi peringatan terhadap Tokopedia agar tidak terlena. Tokopedia menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia sejak kuartal II-2018. Selama 6 kuartal Tokopedia berhasil menjaga dominasinya di puncak klasemen.

"Shopee berhasil memaksimalkan periode sale seperti 11.11 dan 12.12 sehingga menjadi web dengan kunjungan paling tinggi di kuartal IV," ujar iPrice dalam keterangan resminya.

Namun untuk urusan kepopuleran di media sosial, Tokopedia dan Shopee saling mengungguli diberbagai platform pada kuartal IV-2019. Pada Twitter, pengikut dari Shopee ada sekitar 192 ribu, lalu Tokopedia memiliki pengikut berjumlah 378 ribu. Pada Instagram, Shopee mampu mengantongi angka pengikut sebesar 3,9 juta, sedangkan Tokopedia hanya memiliki 1,6 juta.

Pada sektor sumber daya masyarakat, Shopee memiliki jumlah karyawan sebanyak 3799 orang dan Tokopedia sedikit lebih banyak dengan jumlah karyawan 3865 orang.

*) Artikel ini berdasarkan riset iPrice berjudul Peta E-Commerce Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading