Hai Milenial, Ini Startup yang Diincar Mandiri Capital

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 July 2019 16:45
Hai Milenial, Ini Startup yang Diincar Mandiri Capital
Jakarta, CNBC Indonesia - Mandiri Capital Indonesia (MCI) sedang mencari perusahaan startup yang siap memperoleh pendanaan. Sebagai perusahaan ventura, tentunya ada syarat yang sudah ditetapkan oleh anak usaha Bank Mandiri ini.

"Kita ingin (startup) insurance tech ini belum ada yang distruptif. Kemudian financial planning, yang bisa membantu orang untuk investasi, ini kita belum ketemu," kata Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro kepada CNBC Indonesia, Senin (8/7/2019).


MCI berharap tahun ini bisa membiayai dua perusahaan dengan kriteria tersebut. Tahun ini, MCI menargetkan bisa membiayai 2-3 perusahaan startup dengan dana yang sudah disiapkan mencapai Rp50 miliar.


Sebagai perusahaan modal ventura yang sudah berdiri sejak 3,5 tahun yang lalu, sebanrnya tidak ada target pasti berapa banyak start up yang dibiayai. Adapun saat ini, sudah ada 10 perusahaan start up fintch yang dibiayai.

Hai Milenial, Ini Startup yang Diincar Mandiri CapitalFoto: CNBC Indonesia/Gita Rossiana

"Karena mandatnya memang untuk fintech," imbuhnya.

Syarat lainnya adalah perusahaan startup tersebut harus berguna bagi masyarakat. Aapalagi, jika pangsa pasarnya tak hanya untuk Indonesia saja. Selanjutnya akan dilihat bagaimana bisnis modelnya, keuntungan serta komposisi tim yang bekerja di dalamnya.


"Timnya tidak boleh keras kepala. Startup dalam perjalanannya pasti berubah haluan. Kita butuh manajemen yang cepat. Kalau sudah ada startup yang seperti ini, kita tak ragu untuk investasi," ujarnya lagi.

Guna menemukan startup yang tepat, MCI juga akan melakukan sejumlah langkah konkrit tahun ini. Salah satunya adalah program inkubasi, yaitu mengundang sebuah start up baru untuk dilakukan bimbingan selama enam bulan.


"Karena sukses atau tidaknya venture capital tergantung startup yang ditemui. Kita harus aktif, buat program, akselerasi, supaya pipeline tidak kering," tutupnya.

Simak video tentang startup dari bos Mandiri Capital di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading