Regulasi IMEI Berantas Ponsel Ilegal dan Keluhan Penjual

Tech - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
06 July 2019 12:35
Kemenperin tengah mengembangkan sistem DIRBS untuk mengecek IMEI ponsel masyarakat di Indonesia.
Nah, sebelum aturan berlaku, ada baiknya kita mengecek apakah IMEI ponsel kamu sudah terdaftar di kemenperin atau belum. Jika belum ada dua kemungkinannya. Ponsel yang kamu gunakan ilegal atau belum didaftarkan oleh produsen ponsel.

Berikut langkah-langkah untuk mengecek IMEI:

1. Persiapkan IMEI. Caranya dengan mengetik keypad *#06# di ponsel. Atau bisa melakukan pengecekan di bagian setting (pengaturan) dan biasanya tertera di bagian About Phone.
2. Akses situs https://www.kemenperin.go.id/imei
3. Masukkan kode IMEI ke kolom khusus
4. Klik tombol simpan di bagian bawah kata IMEI


Jika IMEI ponsel kamu terdaftar maka akan muncul informasi tentang merek, tipe ponsel dan perusahaan distributor.

Keluhan pedagang ponsel

Tentunya, tidak semua orang akan setuju dengan regulasi ini. Misalnya, para pedagang ponsel di pusat perbelanjaan seperti ITC. 

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia di pusat penjualan ponsel ITC Kuningan, tidak semua pedagang ponsel tahu soal pemberlakukan aturan IMEI ini. Bray, 30, pedagang ponsel di toko Dinar Cell justru bertanya-tanya dan keberatan dengan aturan pemerintah yang dinilai minim sosialisasi tersebut.

"Jujur saja saya belum tahu soal aturan itu. Tapi, kalau aturannya demikian nasib handphone-handphone yang stock bagaimana?" kata Bray ketika ditemui di tokonya, Jumat (5/7/2019).

Bray mengaku keberatan dengan pemberlakuan aturan IMEI itu. Ia memprediksi, bukan hanya tokonya yang akan merugi tapi juga pengusaha provider yang akan merasa buntung bila nomor IMEI tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Sekarang kalau kita jual ponsel baru, semua toko juga jual. Tapi kami menjual handphone second karena masyarakat Indonesia itu senang dengan barang murah. Handphone second itu didapat dari luar Indonesia terkadang," ujar Bray.

Menurutnya, kebijakan ini tidak akan betul-betul menjegal peredaran ponsel ilegal bila dari pihak Bea Cukai terus saja meloloskan ponsel-ponsel ilegal.

"Sekarang gampang saja kalau kita mau loloskan barang [dari black market]," tuturnya.



(roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading