Aturan IMEI Berlaku Agustus, Tak Semua Ponsel Ilegal Diblokir

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
01 July 2019 17:30
Kemenkominfo menyatakan pengguna ponsel ilegal masih bisa menggunakan ponselnya ketika regulasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) berlaku.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pengguna ponsel ilegal masih bisa menggunakan ponselnya ketika regulasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) berlaku. Rencana payung hukumnya akan terbit pada Agustus 2019.

Alasannya, karena pemerintah memberlakukan masa transisi atau pemutihan yang memberikan ruang bagi konsumen yang sudah telanjur menggunakan ponsel ilegal.


"Paling penting yang perlu disuarakan ke publik adalah aturan mengenai IMEI tidak akan mengganggu masyarakat. Artinya masyarakat yang punya ponsel sekarang dapat tetap bisa pakai ponsel," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismail, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Senin (1/7/2019).


"Yang existing tidak akan berdampak dan tetap bisa digunakan, aturan ini akan berlaku ke depan. Jadi ponsel yang ada di masyarakat ini akan dihormati."

Foto: infografis ponsel illegal (Edward ricardo)

Ismail menambahkan masa transisi ini akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan. Sebelumnya, saat ditemui terpisah Ismail sempat menjelaskan operator telekomunikasi mengusulkan masa transisi ini diterapkan selama lima tahun. Namun, jika mengacu pada negara lain biasanya masa transisi diberlakukan antara dua hingga tiga tahun.

Ismail menambahkan IMEI  dijadikan senjata untuk menjegal peredaran dan perdagangan ponsel curian dan ilegal.


"Kita punya target Agustus itu ada penandatanganan aturan yang dilakukan tiga kementerian, yaitu Kominfo, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian," ujar Ismail.

Aturan IMEI membuat operator telekomunikasi bisa memblokir sebuah ponsel jika terdeteksi IMEI ponsel tersebut tidak terdaftar di pemerintah alias ponsel ilegal. Ponsel tetap tak bisa digunakan pun ketika berganti operator, karena setiap operator akan mengecek legalitas IMEI ponsel tersebut.


Daftar IMEI ponsel yang menjadi acuan operator sendiri berasal dari Kementerian Perindustrian. Kemenperin mendapat nomor-nomor ini dari para produsen lokal dan distributor yang menjajakan ponsel secara legal di Indonesia.

Simak video tentang rencana pelarang ponsel ilegal di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading