Bakal Bisa Pakai Google Android, Huawei Tunggu Kepastian AS

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 July 2019 11:47
Bakal Bisa Pakai Google Android, Huawei Tunggu Kepastian AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies mengatakan sedang menunggu arahan dari Departemen Perdagangan AS tentang apakah mereka masih bisa menggunakan Google Android pada smartphone mendatang.

"Kami menghargai komentar Presiden Trump terkait Huawei pada akhir pekan lalu dan akan menunggu bimbingan dari Departemen Perdagangan tetapi belum ada yang bisa ditambahkan pada saat ini," kata Tim Danks, Vice President Risk Management and Partner Relations Huawei, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (2/7/2019).


Pekan lalu, Presiden Donald Trump mengeluarkan pernyataan yang memberikan angin segar bagi Huawei. Ia akan mengizinkan penjualan komponen yang diproduksi perusahaan AS ke Huawei.


Namun, Penasihat Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan tak semua komponen bisa dibeli Huawei. Komponen yang bisa dibeli hanya komponen yang tersedia secara umum di seluruh dunia tetapi perangkat yang sensitif dan membahayakan keamanan nasional tetap dilarang.

Huawei Tunggu Kepastian Bisa Tidaknya Pakai Google AndroidFoto: Huawei (REUTERS/Charles Platiau)

"Yang terjadi adalah Departemen Perdagangan AS akan memberikan lisensi tambahan jika ada kesediaan secara umum untuk komponen yang dibutuhkan Huawei," ujar Larry Kudlow.

Perusahaan produsen chip AS dalam hal ini "menjual produk yang tersedia secara luas dari negara lain ... ini bukan general amnesty ... soal keamanan nasional tetap jadi parameter."

Larry Kudlow menambahkan kekhawatiran yang lebih luas pada Huawei akan menjadi bagian dari diskusi baru. Perjanjian selama akhir pekan "bukanlah kata terakhir," kata Kudlow.

Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading