Ini Skema Batalkan Order Grab yang Bakal Kena Denda

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 June 2019 20:11
Ini Skema Batalkan Order Grab yang Bakal Kena Denda
Jakarta, CNBC Indonesia- Grab Indonesia tengah melakukan uji coba biaya pembatalan di Lampung dan Palembang. Meski sempat menuai kritikan, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata ketentuan ini diterapkan sebagai bentuk keadilan bagi mitra pengemudi dan penumpang.

Lalu, seperti apa pembatalan pemesanan yang akan dikenakan denda?

Biaya pembatalan dikenakan jika konsumen membatalkan pesanan lebih dari lima menit, setelah mendapatkan pengemudi. Selain itu, biaya ini juga akan dikenakan kepada konsumen jika konsumen tidak muncul saat mitra pengemudi tiba, dan sudah lebih dari lima menit.



"Ini merupakan fair treatment. Baik sebagai pengguna dan penumpang, pasti tidak suka di cancel, untuk itu kami berikan aturan-aturan. Jadi pembatalan tidak semena-mena,"kata Ridzki belum lama ini.

Ridzki mengatakan penumpang tidak akan dikenakan biaya jika pengemudi yang melakukan pembatalan.

Jika estimasi kedatangan mitra pengemudi terlihat 10 menit, namun ternyata konsumen menunggu lebih dari itu, maka konsumen tidak dikenakan biaya.

Khusus mitra pengemudi, jika membatalkan pemesanan sebelum mencapai waktu tunggu minimum yakni 5 menit untuk GrabBike dan 10 menit untuk GrabCar, maka konsumen tak dikenakan biaya pembatalan.

Jika mitra pengemudi Grab yang melakukan pembatalan perjalanan, penumpang tidak akan dikenai biaya. Saat ini biaya pembatalan yang dikenakan sebesar Rp 1.000 untuk GrabBike atau Rp 3.000 untuk GrabCar.


Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno, menjelaskan bahwa 100% dari biaya pembatalan akan diberikan kepada mitra pengemudi atas waktu dan upayanya menuju lokasi jemput penumpang. Jika pembatalan pemesanan terjadi dalam waktu kurang dari 5 menit, penumpang tidak akan dikenai biaya pembatalan.

"Atau jika mitra pengemudi kami terlalu lama sampai atau tidak bergerak menuju lokasi jemput, maka penumpang tidak akan tidak dikenai biaya," ujarnya.

Saksikan Video Dengan Teknologi, Grab Bantu Bajay Tetap Eksis di Jakarta

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading