Libra 'Uang' Facebook yang Berpotensi Saingi Dolar Cs

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
19 June 2019 12:06
Libra 'Uang' Facebook yang Berpotensi Saingi Dolar Cs
Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang cryptocurrency baru Facebook, Libra berpotensi menjadi mata uang dunia. Hal ini diungkapkan oleh CEO Tally Jason Brown seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (19/6/2019).

"Ini benar-benar mengancam mata uang resmi yang diterbitkan pemerintah, bank-bank yang menyimpannya dan jaringan transmisi yang digunakan," kata Jason Brown, salah satu pendiri aplikasi finansial.


Pada Selasa (18/6/2019) raksasa media sosial itu mengumumkan cryptocurrency bernama Libra. Uang digital ini untuk memudahkan pengiriman yang ke seluruh dunia. 


Libra akan dijalankan oleh organisasi nirlaba bernama Libra Association yang berkantor di Jenewa, Swiss. Ada 28 perusahaan yang tergabung dalam asosiasi ini. Di sisi lain Facebook akan mengoperasikan dompet digital untuk menyimpan dan menukar koin digital yaitu Calibra.


"Orang-orang tidak mengerti bagaimana ini bisa mengganggu jika benar-benar sudah diluncurkan," kata Jason Brown.

Jason Brown memprediksi adopsi Libra untuk aktivitas keuangan sehari-hari seperti untuk pembayaran tagihan akan berjalan lambat pasca dirilis 2020. Namun, Libra akan dengan cepat menjadi "cara utama orang mendapatkan uang dari negara-negara maju."

Foto: Ilustrasi Libra, cryptocurrency Facebook (REUTERS/Dado Ruvic/Illustration)

Pengumuman Facebook terjadi pada saat jaringan sosial tersebut berusaha mendapatkan kembali kepercayaan pengguna karena sempat jatuh karena masalah privasi data dan skandal keamanan (security).

"Mereka tidak mungkin memilih waktu yang lebih buruk lagi," kata Jason Brown. "Saya pikir sebagian besar konsumen akan mengaitkan [Libra] ini dengan Facebook," meskipun Facebook tidak akan benar-benar mengendalikannya.


Tetapi setelah pengumuman, seorang eksekutif terkemuka divisi Calibra Facebook mengatakan konsumen tidak perlu khawatir tentang Facebook mendapatkan akses ke data keuangan mereka.

"Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, kita harus membuat komitmen kuat pada privasi," kata David Marcus, yang bergabung dengan Facebook pada 2014 setelah menjabat sebagai presiden PayPal. "Jika orang tidak ingin mempercayai kami, mereka dapat menggunakan salah satu dari dompet lain yang akan tersedia."

Simak video tentang koin digital Facebook di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading