Menkeu Prancis: Libra Facebook tak Boleh Jadi Uang Resmi

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 June 2019 11:30
Menkeu Prancis: Libra Facebook tak Boleh Jadi Uang Resmi
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengumuman mata uang digital (cryptocurrency) milik Facebook, Libra mendapat respons negatif dari pejabat Eropa. Mereka menyerukan pengawasan terhadap rencana tersebut.

Kepada Radio Europe 1, Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire mengatakan cryptocurrency Facebook tidak boleh menjadi mata uang resmi. Ia juga menyerukan pejabat perbankan G7 untuk mengeluarkan laporan mengenai rencana Facebook bulan depan.



"Itu tidak bisa dan tidak boleh terjadi," ujar Bruno Le Maire, Bloomberg News melaporkan dan dikutip The Verge serta dilansir CNBC Indonesia, Rabu (19/6/2019).


Seorang anggota Parlemen Eropa dari Jerman menyatakan keprihatinan yang sama. Ia menyebut Facebook berisiko menjadi "perbankan bayangan (shadow banking)". Facebook "tidak boleh diizinkan untuk beroperasi tanpa peraturan ketika memperkenalkan mata uang virtual."

Menkeu Perancis: Libra Facebook Tak Boleh Jadi Uang ResmiFoto: Doc. Facebook

Facebook akan mengaitkan Libra sebagai alat pembayaran yang dikaitkan dengan beberapa layanan perusahaan termasuk WhatsApp dan Messenger. Mata uang digital ini rencananya akan diterbitkan semester I-2020.

Beberapa nama besar dalam bidang teknologi berada di belakang Libra termasuk Mastercard, Visa, Spotify, Uber, dan Lyft. Facebook tidak segera menanggapi permintaan komentar atas kekhawatiran ini.



Facebook berada dalam pengawasan ketat di seluruh dunia karena praktik perlindungan privasi yang dianggap bermasalah. Uni Eropa bahkan telah mengambil sikap keras terhadap industri teknologi.

Penciptaan mata uang digital alternatif ini kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran baru bagi pemerintah karena ada potensi pemerintah tidak bisa mengontrol peredarannya dan tidak bisa melakukan intervensi. Facebook memiliki 3 miliar lebih pengguna.


Simak video tentang mata uang digital (cryptocurrency) di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading