Eksekutif Operator Telco Ini Minta Kanada Blokir 5G Huawei

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
31 May 2019 11:07
Eksekutif Operator Telco Ini Minta Kanada Blokir 5G Huawei
Jakarta, CNBC Indonesia - Vice Chairman perusahaan penyedia telekomunikasi Kanada Rogers Communications Inc, Philip Lind, mengatakan Huawei Technologies Co Ltd harus diblokir dari jaringan 5G Kanada, Kamis (30/5/2019) dilansir dari Reuters.

Walaupun perusahaan tekonologi asal China, Huawei menawarkan harga yang lebih murah dan canggih dibandingkan dengan alternatif lain, kedekatannya dengan pemerintah China membuat masalah, kata Philip Lind dalam sebuah wawancara TV, seperti dilansir CNBC Indonesia dari Reuters, Jumat (31/5/2019).


Wakil Presiden AS (Amerika Serikat) Mike Pence dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau diperkirakan akan membahas tentang perselisihan dengan China mengenai Huawei selama pertemuan di Ottawa pada Kamis.


AS telah lama menuduh Huawei terikat pada pemerintah China, dan telah secara efektif melarang perusahaan AS melakukan bisnis dengan perusahaan karena alasan keamanan nasional. Walaupun Huawei telah berulangkali menyangkal tuduhan tersebut.

Perselisihan itu akhirnya melibatkan Kanada. Di mana pada Desember 2018, Kanada menangkap kepala keuangan Huawei, Meng Wangzhou, dengan surat perintah AS. Selanjutnya, China membalas dengan menangkap 2 orang Kanada atas tuduhan spionase dan menghentikan impor komoditas utama dari negara G-7.
Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading