Disusupi Spyware, Berapa Jumlah Pengguna WhatsApp di Dunia?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 May 2019 14:00
Disusupi Spyware, Berapa Jumlah Pengguna WhatsApp di Dunia?
Jakarta, CNBC Indonesia - Laporan Financial Times tentang WhatsApp Calls yang bisa disusupi Spyware asal Israel telah membuat pengguna cemas. Para pengguna mencemaskan keamanan data mereka.

Padahal selama ini WhatsApp dikenal sebagai salah satu layanan perpesanan yang mengedepankan keamanan aplikasi. Banyak pengguna meyakini fitur end-to end enkripsi membuat WhatsApp aman dari penyusupan hacker.


Pesan WhatsApp yang menggunakan end-to-end enkripsi adalah pesan tersebut diacak ketika pesan dikirim pengguna. Pesan dapat di dekripsi hanya oleh perangkat penerima pesan. Hacker tidak bisa membaca pesan apapun yang mereka sadap ketika pesan berada di jaringan internet.

Enkripsi end-to-end mempersulit hacker untuk membaca pesan, bahkan jika mereka akhirnya menemukan cara untuk mengakses beberapa di antaranya, seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/5/2019).


Belum diketahui berapa banyak pengguna yang disusupi spyware, Facebook sendiri menyatakan tidak banyak WhatsApp pengguna yang disusupi spyware asal Israel. Namun WhatsApp menghimbau pengguna untuk memutahirkan aplikasi yang digunakan ke versi yang terbaru. Saat ini pengguna WhatsApp mencapai lebih dari 1,5 miliar.

Spyware merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang bertugas untuk memantau dan memata-mata aktivitas penguna internet. Fungsi Spyware menjadi negatif apabila bisa digunakan untuk melihat dan mencuri data pengguna.

Simak video tentang WhatsApp yang disusupi spyware di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading