WhatsApp Disusupi Spyware Israel, Ini Dampaknya Bagi Anda

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 May 2019 12:20
WhatsApp Disusupi Spyware Israel, Ini Dampaknya Bagi Anda
Jakarta, CNBC Indonesia - Laporan Financial Times tentang WhatsApp Calls yang bisa disusupi spyware asal Israel telah membuat cemas pengguna aplikasi paling populer di dunia ini. Kini mereka mencemaskan data mereka yang bisa saja diambil hacker.

Dalam laporannya, Finansial Times menulis spyware ini masuk melalui panggilan telepon di WhatsApp telepon (Calls) tetapi bisa juga melalui panggilan telepon yang tak terjawab. Dalam sejumlah kasus panggilan yang tak terjawab ini bisa hilang dalam dari daftar panggilan sehingga pengguna tidak menyadari adanya telepon tersebut.


Lalu, apa dampak spyware ke pengguna WhatsApp? IndiaToday melaporkan spyware ini mengawasi dan memata-matai di perangkat pengguna kemudian bisa mencuri semua datanya. Beberapa data yang bisa diambil adalah daftar panggilan telepon, foto, kontak, email hingga lokasi.


Namun, spyware ini tidak bisa mengambil data chatting atau percakapan pengguna WhatsApp karena pesan di aplikasi ini menggunakan end-to-end enkripsi. "Enkripsi WhatsApp tidak relevan dengan serangan ini, enkripsi berfungsi dengan benar dan melindungi perangkat dari hacker yang menguping," ujar Head of Product Vulnerability Research di Checkpoint Securty Vanunu menjelaskan.

Pesan WhatsApp menggunakan end-to-end enkripsi. Artinya, pesan tersebut diacak ketika pesan dikirim pengguna. Pesan dapat di dekripsi hanya oleh perangkat penerima pesan. Hacker tidak bisa membaca pesan apapun yang mereka sadap ketika pesan berada di jaringan internet.

Enkripsi end-to-end mempersulit hacker untuk membaca pesan, bahkan jika mereka akhirnya menemukan cara untuk mengakses beberapa di antaranya, seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/5/2019).

Simak video tentang WhatsApp di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading