CNBC Indonesia VIP Forum

Rudiantara: Bicara Fintech, Apa Benar Menakutkan?

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
09 May 2019 15:09
Rudiantara: Bicara Fintech, Apa Benar Menakutkan?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara hadir menjadi pembicara kunci alias keynote speec dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum 2019.

Rudiantara di awal keynotenya langsung menyinggung soal fintech atau financial technology (teknologi finansial).

"Pada saat kita bicara fintech saya merasakan saat ini banyak para pihak, perbankan itu menyebut fintech itu medeni [Red: Bahasa Jawa 'Menakutkan'] gitu loh," kata Rudiantara di Ballroom Kempinski, Kamis (9/5/2019).

"Saya masih merasakan itu, padahal yang namanya fintech jangan dilihat dari sisi teknologinya, itu harus dilihat cara baru, teknologi hanya sebagai enabler."


Menurut Rudiantara, jangan khawatir dengan teknologi yang berada di balik fintech. Pasalnya teknologi bukan mengubah tapi justru memperbarui.

"Kami tidak memposisikan yang mengubah teknologi, yang mengubah adalah mindset kita. Mau mengubah proses bisnis tidak, dalam membuat cara baru kitaa manfaatkan namanya teknologi, jangan takut dengan teknologi akan mendisrupsi," papar Rudiantara.

Menurutnya, yang harus dikhawatirkan adalah bagaimana jika tidak mampu beradaptasi dengan cara-cara baru.

CNBC Indonesia menyelenggarakan CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan".

Diskusi ini diselenggarakan pada Kamis, 9 Mei 2019 pukul 13.30 WIB di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta. Acara yang dikemas dalam format talkshow ini akan disiarkan langsung melalui Live Streaming di situs CNBCIndonesia.com. (dru/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading