Kejar Ambisi Jadi Super App, Ini Strategi Gojek

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
06 May 2019 16:15
Gojek baru-baru ini meluncurkan fitur baru bernama Go-Travel yang membuat pengguna dapat memesan kamar hotel melalui aplikasinya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tepat saat memperkenalkan fitur e-commerce bernama Go-Mall, perusahaan berbagi tumpangan Gojek juga diam-diam bermitra dengan agen perjalanan online Tiket.com untuk memperkuat super app-nya.

Super app adalah sebutan untuk aplikasi yang menyediakan berbagai layanan dalam satu platform. Di Asia Tenggara, Grab Holdings dan Gojek mengklaim dirinya sudah menjadi super app.

"Definisi saya itu adalah semua transaksi atau layanan (dalam) satu pintu," kata Founder dan CEO Go-Jek Nadim Makarim seperti dikutip dari detikinet.


Gojek baru-baru ini meluncurkan fitur baru bernama Go-Travel yang membuat pengguna dapat memesan kamar hotel melalui aplikasinya. Namun, mereka belum bisa memesan tiket pesawat atau kereta api, yang merupakan fitur utama dari Tiket.com.


Uniknya, fitur pembayaran Gojek, Go-Pay tidak tersedia sebagai opsi pembayaran untuk Go-Travel saat ini. Jadi, sepertinya Gojek akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menciptakan pengalaman yang nyaman di fitur barunya.

Tiket.com diakuisisi oleh GDP Venture melalui platform e-commerce Blibli pada 2017. GDP adalah salah satu investor Gojek juga. Semua perusahaan ini adalah bagian dari konglomerasi Indonesia, Djarum Group.

Karena Blibli sudah ditampilkan di bagian "aplikasi yang direkomendasikan", ada kemungkinan bahwa Gojek juga akan mengintegrasikan platform pasar pada fitur Go-Mall bersama dengan JD.id.

Menambahkan opsi pemesanan perjalanan tampaknya menjadi semakin penting untuk platform on-demand di Indonesia.

Belum lama ini, Shopee menambahkan fitur tiket penerbangan bekerja sama dengan Traveloka, sementara dua platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia dan Bukalapak, telah memperkenalkan fitur serupa untuk melayani wisatawan lokal.

Kejar Ambisi Jadi Super App, Ini Strategi GojekFoto: Dok: Gojek

Pesaing Gojek, Grab tidak tinggal diam. Baru-baru ini perusahaan mengumumkan penambahan fitur pemesanan hotel pada platformnya untuk pengguna di Singapura, dalam kemitraan bersama Agoda dan Booking.com.

Untuk beberapa pengguna di Indonesia, fitur itu sudah tersedia.

Perlombaan "super app" semakin cepat, tetapi masih harus dibuktikan bahwa pengguna benar-benar dapat memahami dan mendapatkan manfaat dari semua layanan beragam yang ditawarkan dalam satu aplikasi. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading