iPhone Sudah Tergusur, Huawei Siap Kudeta Posisi Samsung

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 May 2019 14:23
iPhone Sudah Tergusur, Huawei Siap Kudeta Posisi Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan Apple dan Samsung dilaporkan melambat pada kuartal I-2019 sementara penjualan ponsel Huawei malah naik signifikan. Hal itu merupakan penelitian dari perusahaan riset IDC, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (2/5/2019).

Pengiriman smartphone Huawei pada kuartal I-2019 melonjak 50% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pengiriman Apple iPhone anjlok 30% dan pengiriman Samsung turun 8% secara tahunan.

Penjualan Tumbuh 50%, Huawei Siap 'Kudeta' Posisi SamsungFoto: CNBC International

Kenaikan pengiriman ini membuat pangsa pasar Huawei di pasar ponsel pintar global naik menjadi 19%. IDC mengatakan perusahaan China itu "sekarang berjarak sangat dekat" dari Samsung yang berada puncak pasar global.


"Perubahan peringkat baru antara Samsung, Huawei, dan Apple sangat mungkin terjadi melihat apa yang terjadi saat ini," kata Wakil Presiden IDC Ryan Reith dalam laporan tersebut.

Huawei pertama kali menyalip Apple di peringkat kedua dalam pangsa pasar pada tahun 2018, tetapi angka kuartal pertama menunjukkan jarak yang semakin melebar antara kedua raksasa teknologi itu. IDC mengaitkan pertumbuhan Huawei dengan "portofolionya yang menargetkan semua segmen dari segmen bawah ke atas."

Penjualan iPhone Apple melemah di Cina dan pengguna menunda pergantian smartphone telah membuat bisnis smartphone lesu.

Simak video tentang penjualan ponsel global di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading