Tingkatkan Keamanan, Grab Pasang Fitur Voice Call & Selfie

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
22 April 2019 15:49
Tingkatkan Keamanan, Grab Pasang Fitur Voice Call & Selfie
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab mempertegas komitmennya dalam menghadirkan perjalanan yang aman. Dua inovasi untuk mendukung hal tersebut adalah Free Call atau (VoIP) dan teknologi Verifikasi Wajah Penumpang.

Free Call atau (VoIP) memberikan kemudahan untuk melakukan panggilan antar aplikasi tanpa biaya. Panggilan ini juga menjaga privasi dan keamanan pengemudi dan pengguna Grab.

"Kalau harus telepon berkali-kali kan mesti bayar (pakai pulsa), Free call kan gratis," kata Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Senin (22/4/2019).


Fitur VoIP dan verifikasi wajah secara bertahap telah diluncurkan untuk pengguna Grab di Indonesia. Dalam waktu dekat, Grab akan memperluas fitur VoIP ke pengguna GrabFood dan GrabExpress untuk komunikasi yang mudah antara mitra pengiriman dan merchant Grab.

Sebelum diluncurkan, fitur ini telah diuji coba dan dilakukan kepada sekitar 50 persen pengguna Grab sejak Desember 2018 hingga Maret 2019. Hasilnya, fitur VoIP tak hanya melindungi pelanggan, tapi juga diakui telah menurunkan jumlah kasus persekusi verbal melalui telepon dan chat yang biasanya bermula dari kesalahpahaman. Persentase penurunannya mencapai 64 persen dimana biasanya terjadi antara pengemudi dan pelanggan.

"Jika ada barang tertinggal, Grab juga memiliki layanan automasi barang tertinggal di mana pengguna bisa ke menu "History" yang nantinya akan menghubungkan ke tim Grab. Mereka akan dibantu proses komunikasi dengan mitra pengemudi secara langsung," katanya lagi.

Sementara itu, untuk teknologi Verifikasi Wajah Penumpang berfungsi mencegah pelaku kejahatan yang merencanakan tindak kriminal dan meningkatkan perlindungan bagi mitra pengemudi. Sebab, sebagian besar tindak kriminal yang melibatkan pelanggan dilakukan oleh mereka yang baru pertama menggunakan aplikasi Grab.

"Kini, pelanggan yang tergabung Grab untuk pertama kalinya harus melakukan verifikasi wajah sebagai bentuk identifikasi sebelum memesan kendaraan untuk pertama kalinya," ujarnya.

Kedua fitur di atas akan memperkuat roadmap teknologi keselamatan Grab untuk menciptakan Indonesia yang lebih aman bagi semua. Adapun beberapa inisiatif keamanan yang juga dipelopori oleh Grab adalah penyamaran nomor telepon pemanggil, tombol darurat, fitur bagikan perjalanan dan kamera keamanan GrabSiaga.

Tonton video Laju Bisnis Grab Indonesia Usai Jadi Decacorn

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading