Di Depan Ribuan Mitra Gojek, Jokowi Pamer Ekonomi Digital

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 April 2019 21:43
Di Depan Ribuan Mitra Gojek, Jokowi Pamer Ekonomi Digital
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ada 3 hal pokok yang dilakukan pemerintah dalam mendukung ekonomi digital dalam 4,5 tahun terakhir.

"Pertama, penyediaan infrastruktur digital baik lewat broadband kecepatan tinggi termasuk palapa ring Yang kita harapkan akan selesai 100 persen di pertengahan tahun 2019," ujar Jokowi dalam acara Malam Penghargaan Mitra Juara Gojek 2019, di Ancol, Jakarta, Kamis (11/4/2019).


Jokowi melanjutkan pokok yang kedua adalah pemerintah juga mengerjakan yang namanya penciptaan ekosistem yang mendukung Iklim usaha yang nyaman bagi ekonomi digital. ketiga, Pemerintah juga mulai membangun kualitas SDM di digital.


"Kita juga minta perusahaan yang sudah maju untuk dukung anak muda untuk go online dan adopsi teknologi digital," ujar Jokowi di hadapan ribuan mitra Gojek, baik sopir maupun mitra lainnya seperti merchant Go-Food.

Jokowi mengungkapkan ke depan ekonomi digital memang sangat memberikan harapan pada pertumbuhan ekonomi. Salah satunya karena ekonomi digital menciptakan peluang bagi UMKM di Indonesia untuk berkembang dan disambungkan antara ekosistem online dengan offline. Tahun lalu nilai ekonomi digital Indonesia telah mencapai US$27 miliar.

Salah satu contohnya adalah Gojek. Gojek tidak bisa bisa berkembang karena jutaan mitra UMKM, mitra pengemudi, pekerja di belakang produksi usaha UMKM. Lalu ada startup Wahyoo yang telah menyambungkan lebih dari 5.000 warteg (warung tegal) dengan bahan baku dan akses permodalan.

Ada juga startup Halosis yang membantu 3.000 UMKM yang mayoritas ibu rumah tangga (IRT) berjualan online dan dibantuk virtual assistant dan didukung artificial intellegence.

"Ini bukti bahwa teknologi digital berikan manfaat. Makanya kita jangan terbelenggu oleh teknologi lama. Itu semua contoh anak muda yang bekerja keras dan kolaborasi teknologi digital dan kreativitas hingga hasilkan valuasi bisnis bernilai puluhan miliar," jelasnya.

"Inilah saatnya startup Indonesia tampil ke regional dan pentas dunia. Ini sudah dilakukan Gojek."

Saksikan Video Gojek Jadi Decacorn
[Gambas:Video CNBC]



(dob/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading