CT: Era Digitalisasi, Jangan Kaget Ada Banyak Robot

Tech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
20 March 2019 12:06
CT: Era Digitalisasi, Jangan Kaget Ada Banyak Robot
Jakarta, CNBC Indonesia - Chairman CT Corp Chairul Tanjung memberikan peringatan agar segera menyesuaikan diri dengan cepat. Sebab, sekarang semua mengarah ke digitaliasi dan terjadi dengan sangat cepat.

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan disrupsi sudah dirasakan sejak dulu, namun perubahan yang terjadi sekarang ini lebih cepat, lebih sering dan berdampak lebih besar. Pasalnya, inovatornya makin banyak.

"Biaya untuk menemukan segala sesuatu itu jadi lebih kecil sehingga penemuannya lebih banyak dan penemuannya berdampak jauh lebih besar. Ini yang menyebabkan perusahaan luar biasa," ujar Chairul Tanjung dalam HUT Ikatan Hakim Indonesia ke -66 di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (20/11/2019).


Chairul Tanjung menambahkan pemicu perubahan ini diyakini terjadi karena dua faktor, yakni teknologi dan perubahan di bidang demografi. Di bidang teknologi, sekarang masuk dalam eva Revolusi Industri 4.0 dimana semua dilakukan via internet.


Revolusi industri 4.0 juga merupakan era autonomous robotika di mana fungsi manusia digantikan robot.

"Saya selalu sharing, jangan kaget 20 tahun lagi kalau orang kawin dengan robot karena fisiknya sudah mirip manusia bahkan bisa diorder sesuai keinginan," tambah pria yang biasa disapa CT Ini.

CT menjelaskan semua perubahan ini menyangkut big data. Semua manajemen kehidupan di dunia ini nanti dikelola dengan berbasis data dan datanya tidak perlu pakai komputer karena sudah ada sistem komputasi awan (cloud computing).

Dengan big data ini muncul era artificial intellegence atau kecerdasan buatan di mana kecerdasan tidak lagi dilakukan otak tetapip internet berdasarkan bigdata dan data analytic.

"Segala sesuatu akan bisa diprediksi dan akurat akibatnya muncul namanya raksasa-raksasa baru. 7 dari 10 perusahaan lebih besar dari segi market cap-nya dikuasai perusahaan ekosistem mulai Amazon, Google, Facebook, Alibaba, Apple, Microsoft," jelasnya.

Simak video tentang digitalisasi Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading