Penetrasi Bisnis Kesehatan, Grab Bermitra dengan Kalbe Farma

Tech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
11 March 2019 20:40
Penetrasi Bisnis Kesehatan, Grab Bermitra dengan Kalbe Farma
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Grab Indonesia untuk meningkatkan layanan bersama di bidang kesehatan. Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Presiden Direktur Kalbe Vidjongtius dan President of Grab Indonesia Ridzki D. Kramadibrata disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

"Kalbe sebagai perusahaan yang peduli pada kesehatan masyarakat akan terus mengembangkan solusi kesehatan yang komprehensif (total healthcare solution) termasuk mempermudah akses informasi dan layanan kesehatan untuk masyarakat," ujar Vidjongtius, dalam siaran pers, Senin (11/3/2019).

"Nota kesepahaman dengan Grab ini merupakan sinergi layanan berbasis online dan offline yang sedang dikembangkan menjadi ekosistem kesehatan oleh Kalbe," lanjutnya.


Sementara itu, Ridzki Kramadibrata mengatakan sangat menyambut baik kerja sama dengan Kalbe sebagai bentuk kemitraan Grab dalam bidang kesehatan. Kalbe merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Asia Tenggara dan telah mengembangkan bisnis model yang sudah terbukti berhasil dalam menyelesaikan tantangan-tantangan sulit di Indonesia.

"Grab dibentuk dengan prinsip memberikan akses dan pelayanan dengan biaya yang terjangkau kepada masyarakat di Asia Tenggara dalam hal transportasi, jasa antar makanan dan minuman atau bahan-bahan baku makananan. Kami percaya seluruh lapisan masyarakat berhak untuk mendapatkan akses kesehatan yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau melalui teknologi yang berpotensi untuk memberikan perubahan signifikan dalam hidup masyarakat dan seluruh komunitas," ujar Ridzki.

Seperti diketahui, Kalbe adalah perusahaan kesehatan yang telah memiliki produk-produk kesehatan berkualitas mulai dari obat resep, nutrisi, obat bebas serta produk kesehatan lainnya. Selain itu, Kalbe juga terus mengembangkan layanan kesehatan berbasis digital, seperti Klikdokter.com, Kalbestore.com, dan lain sebagainya. Dengan demikian akses masyarakat terhadap layanan dan informasi kesehatan akan semakin mudah dan nyaman.

Di sisi lain, kerja sama tersebut sejalan dengan pertumbuhan Grab yang luar biasa di Asia Tenggara termasuk Indonesia sebagai everyday super app yang menawarkan layanan ride-hailing, pengantaran makanan dan barang serta pembayaran digital bagi jutaan penduduk di Asia tenggara. Sebagai bagian dari kerja sama ini, Grab akan mendukung kegiatan operasional Kalbe melalui berbagai layanan dan produk digital O2O Grab untuk meningkatkan layanan bidang kesehatan kepada konsumen di antaranya:

GrabExpress akan memberikan layanan pengantaran produk Kalbe kepada konsumen. Melalui GrabExpress konsumen akan mendapatkan produk Kalbe lebih cepat, aman dan dengan harga yang lebih terjangkau.

GrabRewards akan menyediakan berbagai penawaran promosi produk kesehatan Kalbe di aplikasi Grab bagi konsumen Grab dan Kalbe sebagai upaya meningkatkan loyalitas konsumen;

GrabAds akan mendukung Kalbe dalam melakukan kampanye terintegrasi melalui platform Grab yang memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan branding dan pemasaran dengan menargetkan segmen audiens yang tepat. Saat ini GrabAds tersedia dalam bentuk Mobile Billboards, In-car Engagement dan In-app Engagement;

GrabFresh merupakan alternatif bagi konsumen untuk mendapatkan produk-produk berkualitas Kalbe dengan cara yang lebih nyaman, dengan mengeliminasi kerepotan untuk pergi ke supermarket, terjebak dalam kemacetan atau menunggu di antrian panjang. Melalui GrabFresh, para konsumen dapat memilih berbagai pilihan produk Kalbe dengan mudah melalui aplikasi Grab;

Grab for Business akan mendukung otomasi kegiatan operasional Kalbe untuk menjadi lebih efisien dimulai dengan penggunaan layanan transportasi Grab bagi karyawan Kalbe dan pengiriman dokumen.

Grab saat ini memiliki valuasi sekitar US$ 14 miliar atau Rp 196 triliun (kurs Rp 14.000). Dengan valuasi tersebut, Grab menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara. Decacorn adalah istilah untuk perusahaan startup yang memiliki valuasi di US$ 10 miliar

Saksikan video Perebutan Pasar Transportasi Online di ASEAN

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading