Perkembangan Teknologi

Berharta Rp 885 T, Bos Facebook Digaji Rp 14.000/Tahun

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
11 March 2019 13:52
Berharta Rp 885 T, Bos Facebook Digaji Rp 14.000/Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Mark Zuckerberg pendiri dan CEO Facebook Inc masih tetap bertahan dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes atau Forbes World's Billionaires 2019, meski tahun lalu perusahaan dirundung banyak masalah keamanan dan pencurian data.

Berdasarkan perhitungan Forbes, kekayaan Mark Zuckerberg mencapai US$62,3 miliar atau setara Rp 884,8 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) dan menjadi orang terkaya ke-delapan di planet bumi.

Lalu berapa gaji Mark Zuckerberg sebagai Facebook? Jawabnya US$1 per tahun atau setara Rp 14.000. Pada tahun 2013, Facebook telah mengkofirmasi Mark Zuckerberg hanya diberi gaji sebesar US$1 per tahun.


Pada Selasa (30/6/2015), selama sesi tanya jawab di kantor Facebook, Mark Zuckerberg mengungkapkan alasannya hanya digaji US$1:

Fakta-fakta soal Facebook (Foto: Edward Ricardo)

"Saya sudah menghasilkan cukup uang. Pada titik ini, Saya hanya fokus untuk memastikan Saya melakukan yang terbaik dengan apa yang Saya miliki. Caranya dengan memberi orang kekuatan untuk berbagi dan menghubungkan dunia," ujar Mark Zuckerberg, Business Insider melaporkan.

"Saya juga fokus pada pekerjaan filantropi pendidikan dan kesehatan di luar Facebook. Terlalu banyak orang yang mati sia-sia dan tidak mendapatkan kesempatan yang layak. Ada banyak hal di dunia yang perlu diperbaiki dan saya hanya beruntung memiliki kesempatan untuk bekerja memperbaiki beberapa dari mereka."

Pada Desember 2015, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan juga berjanji untuk memberikan 99% saham Facebook mereka selama masa hidup mereka.

Meski hanya bergaji US$1 per tahun, biaya hidup Mark Zuckerberg ternyata ditanggung oleh Facebook dan perusahaan philantropis yang dibentuknya, Zuckerberg Chan Initiative.

Salah satu contoh yang dibiayai Facebook adalah biaya pengamanan keluarga Mark Zuckerberg. Tahun lalu, Facebook menyetujui biaya pengamanan Zuckerberg dan keluarganya sebesar US$10 juta selama setahun.

Laporan Business Insider menyebutkan Zuckerberg bisa juga menggunakan dana ini untuk bayar gaji bodyguard, keamanan rumah, hingga jet pribadinya.

Saksikan video aplikasi terlaris 2018 di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading