Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & Unicorn

Tech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
06 March 2019 15:13
Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & Unicorn
Jakarta, CNBC Indonesia - Industri teknologi menyumbang nama-nama besar dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes atau Forbes World's Billionaires 2019.

Banyak di antara nama tersebut yang memulai bisnisnya dari perusahaan rintisan atau startup, membesarkannya menjadi startup unicorn, dan akhirnya mencetak laba dan terus berkembang menjadi raksasa teknologi dunia.


Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019).



1. Jeff Bezos
Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, adalah pendiri dan CEO Amazon, salah satu e-commerce terbesar di dunia. Ia tercatat memiliki aset bersih senilai US$131 miliar atau sekitar Rp 1.854 triliun. Ini adalah tahun kedua ia menduduki posisi teratas setelah menggeser Bill Gates pada 2018 lalu.

Tahun lalu, Amazon mencatatkan pendapatan US$230 miliar dan laba bersih yang mencetak rekor sebesar US$10 miliar atau naik US$3 miliar dibandingkan 2017.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: Jeff Bezos pendiri pasar online Amazon (REUTERS/Jason Redmond)


2. Bill Gates
Di belakang Bezos ada Bill Gates, pendiri Microsoft dan seorang filantropis, sebagai orang terkaya kedua di dunia, dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019). Gates tercatat memiliki kekayaan bernilai US$96,5 miliar.

Setelah mendirikan Microsoft dengan rekannya, Paul Allen, Gates kini telah melepas sebagian besar kepemilikan sahamnya dan kini hanya memiliki sekitar 1% dari saham Microsoft.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: Bill Gates & Melinda Gates (REUTERS/Francois Lenoir)

Bersama istrinya, Melinda, Gates mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Hingga saat ini, Gates telah mendonasikan saham Microsoft senilai US$35,8 miliar kepada Gates Foundation, tulis Forbes.


3. Mark Zuckerberg
Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya kedelapan dunia tahun ini setelah mencatatkan nilai aset US$62,3 miliar.

Ia mendirikan Facebook saat berkuliah di Harvard pada 2004 di usia 19 tahun.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: REUTERS/Leah Millis

Awalnya, platform itu ditujukan untuk menyesuaikan nama dengan wajah siswa di kelas. Namun, Facebook kini telah menjadi platform media sosial terbesar di dunia.

Facebook menjadi perusahaan publik pada Mei 2012 dan ia kini memiliki hampir 17% saham perusahaan.

4. Larry Page
Larry Page adalah bos dari perusahaan induk Google, Alphabet. Ia mendirikan Google pada 1998 dengan sesama mahasiswa program doktoral di Stanford, Sergey Brin.

Ia berada di posisi 10 orang terkaya dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan US$50,8 miliar.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: Larry Page CEO Alphabet (perusahaan yang memiliki Google). (REUTERS/Eduardo Munoz)

Page menjadi CEO pertama perusahaan mesin pencari terbesar di dunia itu hingga 2001. Setelah menjabat sebagai presiden produk, ia kembali menjadi CEO di 2011.


5. Sergey Brin
Sergey Brin adalah presiden raksasa teknologi Alphabet yang merupakan perusahaan induk Google. Ia mendirikan Google bersama Larry Page di 1998.

Google mencatatkan sahamnya di Wall Street pada 2004 dan mengubah namanya menjadi Alphabet di 2015.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: Sergey Brin Presiden perusahaan Alphabet, sekaligus rekan Larry Page dalam menemukan Google (REUTERS/Andrew Kelly)

Brin menjadi orang terkaya ke-14 di dunia dengan nilai aset bersih US$49,8 miliar.



6. Ma Huateng
Ma Huateng yang juga dikenal dengan nama Pony Ma tercatat berada di posisi ke-20 dengan nilai kekayaan US$38,8 miliar (Rp 548,8 triliun).

Ia memimpin Tencent yang menjadi salah satu dari perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar. Tencent adalah pemilik aplikasi pesan singkat WeChat yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: CNBC

Anak usaha layanan streaming musik perusahaan, Tencent Music, baru saja melepas sahamnya ke publik di Wall Street Desember lalu.

Ma Huateng mendirikan Tencent di 1998 bersama rekan-rekannya dan saat ini telah membesarkannya menjadi salah satu raksasa teknologi dan gaming dari China.

7. Jack Ma
Jack Ma ada di ranking 21 daftar orang terkaya dunia dengan aset US$37,3 miliar. Ia mendirikan dan memimpin Alibaba yang saat ini adalah salah satu e-commerce terbesar di dunia.

Di September lalu, Jack Ma mengumumkan pengunduran dirinya sebagai executive chairman Alibaba dan akan digantikan oleh CEO Daniel Zhang.

Ini Orang Terkaya Dunia yang Bermula dari Startup & UnicornFoto: Jack Ma (REUTERS/Johannes P. Christo)

Alibaba telah mencatatkan sahamnya di New York Stock Exchange dalam IPO terbesar di dunia yang pernah ada senilai US$25 miliar.

Selain Alibaba, Jack Ma juga diketahui memiliki saham di perusahaan industri hiburan Huayi Brothers dan Beijing Enlight Media.

Saksikan video mengenai orang terkaya dunia berikut ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading