Orang Terkaya di China Ternyata Bukan Jack Ma, Siapa?

News - Wahyu Daniel & Prima Wirayani, CNBC Indonesia
06 March 2019 14:42
Orang Terkaya di China Ternyata Bukan Jack Ma, Siapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Posisi orang terkaya China kembali berubah. Setelah saling salip dalam beberapa waktu terakhir, chairman raksasa internet Tencent Holdings, Ma Huateng, akhirnya kembali jadi orang terkaya China dengan menggeser Jack Ma.

Dalam daftar orang terkaya dunia atau Forbes World's Billionaires 2019, Ma Huateng tercatat berada di posisi ke-20 dengan nilai kekayaan US$38,8 miliar (Rp 548,8 triliun) sementara Jack Ma ada di ranking 21 dengan aset US$37,3 miliar.







Ma Huateng yang juga dikenal dengan nama Pony Ma memimpin Tencent yang menjadi salah satu dari perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar. Tencent adalah pemilik aplikasi pesan singkat WeChat yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Anak usaha layanan streaming musik perusahaan, Tencent Music, baru saja melepas sahamnya ke publik di Wall Street Desember lalu.

Ma Huateng mendirikan Tencent di 1998 bersama rekan-rekannya dan saat ini telah membesarkannya menjadi salah satu raksasa teknologi dan gaming dari China.

Bos Tencent Geser Jack Ma Jadi Orang Terkaya China 2019Foto: CNBC

Miliuner dan pendiri Alibaba, Jack Ma, berada di posisi kedua terkaya di China tahun ini, menurut Forbes. Alibaba saat ini adalah salah satu e-commerce terbesar di dunia.

Di September lalu, Jack Ma mengumumkan pengunduran dirinya sebagai executive chairman Alibaba dan akan digantikan oleh CEO Daniel Zhang.

Bos Tencent Geser Jack Ma Jadi Orang Terkaya China 2019Foto: Jack Ma (REUTERS/Amir Cohen)

Alibaba telah mencatatkan sahamnya di New York Stock Exchange dalam IPO terbesar di dunia yang pernah ada senilai US$25 miliar.



Selain Alibaba, Jack Ma juga diketahui memiliki saam di perusahaan industri hiburan Huayi Brothers dan Beijing Enlight Media.

Berikut adalah 10 besar orang terkaya di China versi Forbes.

1. Ma Huateng, US$38,8 miliar
2. Jack Ma, US$37,3 miliar
3. Hui Ka Yan, US$36,2 miliar
4. Wang Jianlin, US$22,6 miliar
5. Yang Huiyan, US$22,1 miliar
6. He Xiangjian, US$19,8 miliar
7. Zhang Yiming, US$16,2 miliar
8. William Ding, US$14,7 miliar
9. Li Shufu, US$13,6 miliar
10. Colin Chuang, US$13,5 miliar


Saksikan video mengenai orang terkaya Indonesia berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading