Wah, 21 Orang Terkaya RI Sanggup Bangun 10 Tol Trans Jawa

News - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
06 March 2019 13:48
Wah, 21 Orang Terkaya RI Sanggup Bangun 10 Tol Trans Jawa
Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes baru saja merilis orang terkaya di dunia atau Forbes World's Billionaires 2019. Sebanyak 21 orang asal Indonesia masuk dalam jajaran tersebut.

R Budi Hartono berada di peringkat 54 dunia dan menjadi yang terkaya se-Indonesia Raya sedangkan Michael Hartono berada di peringkat 56 dan menjadikannya orang terkaya kedua di Indonesia.

Bila seluruh nilai aset 21 orang tersebut digabung, besaran kekayaannya akan mencapai US$ 78,5 miliar, atau setara dengan Rp 1.110,9 triliun (asumsi kurs Rp 14.152/US$).


Menariknya, gabungan kekayaan tersebut, setara dengan biaya investasi untuk membangun 10.248,9 kilometer jalan tol, atau hampir setara dengan 10 kali lipat panjang pulau Jawa.

Perhitungan ini mengambil acuan pada pembangunan ruas tol yang menyambungkan Pejagan hingga Pasuruan (626,7 kilometer) yang memakan biaya investasi Rp 67,94 triliun. Cukup lah untuk membuat koneksi antar daerah menjadi lebih baik.

Selain itu, nilai kekayaan yang fantastis tersebut juga sanggup untuk membiayai lima proyek jembatan yang setara Selat Sunda. Seperti yang diketahui, proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda yang tengah terhenti memakan biaya investasi hingga Rp 200 miliar.



Belum lagi bila ingin membiayai seluruh anggaran infrastruktur pemerintah, 21 orang tersebut masih sanggup bahkan bila anggarannya dinaikkan hingga 2 kali lipat. Sebagai informasi, anggaran infrastruktur pemerintah tahun 2019 mencapai Rp 415 triliun.

Terbayang kan, bila 21 orang terkaya menyumbangkan seluruh hartanya untuk Indonesia? Segala macam pembangunan bisa makin cepat terlaksana.

Wah, 21 Orang Terkaya RI Sanggup Bangun 10 Tol Trans JawaFoto: Infografis/infografis orang terkaya Indonesia versi Forbes/Aristya Rahadian Krisabella


TIM RISET CNBC INDONESIA







(taa/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading