Transaksi GoPay Cs Meroket, Bos BCA: Tak Ancam Bisnis Bank

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 February 2019 20:40
Transaksi GoPay Cs Meroket, Bos BCA: Tak Ancam Bisnis Bank
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja angkat suara soal agresif-nya perusahaan teknologi keuangan (fintech) GoPay Cs di bisnis sistem pembayaran. Menurut Jahja meroketnya transaksi melalui GoPay Cs tidak mengancam bisnis perbankan.

Jahja Setiaatmadja mengatakan bisnis fintech tidak mengancam sistem perbankan karena transaksi yang dilakukan masyarakat menggunakan fintech hanya menggantikan transaksi tunai yang selama ini terjadi.

"Jadi transaksi tersebut bersifat peralihan saja dari tunai menjadi non tunai. Mereka memperkaya sistem pembayaran saja. Mereka malah membantu bank untuk mengurangi biaya pengelolaan uang tunai yang memang cukup mahal bagi bank," ujar Jahja kepada CNBC Indonesia, Kamis (21/2/2019).


Jahja Setiaatmadja menambahkan dari 100% transaksi di fintech mungkin hanya 7-8% transaksi saja yang sifatnya mengambil bisnis bank. Contohnya, pembelian pulsa dan membayar tagihan listrik.

Transaksi GoPay Cs Meroket, Bos BCA: Tak Ancam Bisnis BankFoto: Freepik

"Pembelian pulsa dan bayar tagihan listrik pun kan tidak setiap hari, mungkin hanya sekali sebulan. Kebanyakan transaksi mereka kecil-kecil," jelasnya.

Jahja menjelaskan saat ini BCA memfasilitasi 25 juta hingga 30 juta transaksi keuangan melalui mobile dan internet banking setiap harinya. Dengan nilai dari ratusan ribu hingga miliaran rupiah.

"Sekarang masyarakat juga bisa top up GoPay di BCA. Artinya masyarakat tersebut memiliki rekening di BCA," jelas Jahja.

Berdasarkan Berdasarkan Survey AlphaWise dari Morgan Stanley GoPay merupakan fintech sistem pembayaran yang banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Pada 2017 GoPay telah menangani 50 juta transaksi per bulan atau 1,6 juta per hari. 

Nilai ini setara dengan 19% transaksi digital BCA, 135% transaksi digital BNI dan 35% dari transaksi digital Bank Mandiri. Transaksi digital ini termasuk transaksi mobile dan internet banking.


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading