Internasional

Perhatian! Google Naikkan Harga Berlangganan G-Suite

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 January 2019 12:50
Perhatian! Google Naikkan Harga Berlangganan G-Suite
Jakarta, CNBC Indonesia - Google Inc menaikkan tarif layanan untuk aplikasi produktivitas G-Suite versi basic dan versi bisnis seperti Gmail dan Documents, untuk pertama kalinya. Kenaikannya sebesar 20%.

Kenaikan ini terjadi setelah penunjukan Thomas Kurian sebagai divisi Cloud Google. Sebelumnya Thomas merupakan mantan eksekutif Oracle.

Google menaikkan harga paket bulanan G Suite Basic Edition mulai dari US$5 hingga US$6 per pengguna. Untuk paket bulanan Edisi Bisnis naik dari US$10 hingga US$12 per pengguna.


Kebijakan ini akan berlaku sejak 2 April 2019 dan membuat harga berlangganan G-Suite hampir mendekati harga paket berlangganan Microsoft 365. Harga untuk Google Enterprise Edition akan tetap sama dan Google akan terus menawarkan akun gratis untuk pengguna non-bisnis.

Dalam sebuah posting blog yang memperkenalkan harga baru tersebut, Google mengatakan, selama sepuluh tahun terakhir, G Suite telah berkembang dan menyediakan lebih banyak produk. "Satu hal yang tidak berubah selama ini adalah harga," kata posting itu, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (17/1/2019).

Google tidak membagi pangsa pasar cloud-nya atau berapa banyak bisnis yang dihasilkan, namun pada Februari 2018 unit cloud memiliki pendapatan US$1 miliar per kuartal. Pangsa pasar cloud publik Google masih tertinggal di belakang Amazon dan Microsoft.

Dalam laporan keuangan kuartal III-2018, Alphabet (induk Google) melaporkan pendapatan lain-lain sebesar US$4,46 miliar. Pos ini mencakup bisnis cloud serta pendapatan app store dan penjualan hardware.

Google mengatakan bahwa perubahan harga tidak akan berlaku bagi kerja sama yang dibuat sebelum 2 April.

[Gambas:Video CNBC] (roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading