e-Commerce

Bukalapak Uji Coba Pengiriman Barang Pakai Drone

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
10 January 2019 13:40
Bukalapak Uji Coba Pengiriman Barang Pakai Drone
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup e-commerce terus berinovasi untuk menyempurnakan layanan kepada pelanggan. Terbaru, rencana Bukalapak untuk menggunakan pesawat nir-awak (drone) untuk menunjang logistik.

Tahun lalu, BukaLapak telah membangun dan mengoperasikan kantor pusat riset dan pengembangan teknologi yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Perusahaan menjadikan fasilitas itu sebagai hub pengembangan teknologi yang komplementer dengan ekosistem e-commerce, seperti Internet of Things, drone, machine learning, dan artificial intelligence.

Co-Founder dan CEO Bukalapak Ahmad Zaky mengatakan Bukalapak sudah punya ratusan percobaan untuk pengembangan layanan ke depan. Salah satunya bereksperimen dengan drone dan juga layanan ritel tanpa manusia yang masih dalam bentuk prototipe.


"Kita sedang eksperimen dengan drone di skala kecil tapi memang tidak mudah. Nanti kita lihat," ujarnya di HUT ke-9 Bukalapak di JCC, Jakarta, (10/1/2019).

Ahmad Zaky menambahkan Bukalapak memilikik keinginan membuat drone yang lebih canggih untuk masyarakat Indonesia.

Bukalapak Ujicoba Pengiriman Barang Pakai DroneFoto: Edward Ricardo

"Kita pengen buat drone lebih canggih untuk masyarakat indonesia. Nantinya drone akan digunakan untuk pengiriman. Semua akan menjurus kesana, masalahnya tinggal kapan?" terang Zaky.

Penggunaan drone untuk mengirimkan barang memang hal baru di Indonesia. Namun penggunaan drone untuk mengirimkan barang sudah dilakukan di China oleh Alibaba dan JD.com. Amazon juga menggunakan drone untuk pengiriman barang jarak dekat.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading