Pangkas Waktu, Amazon Resmi Kirim Paket Pakai Drone

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 June 2019 12:08
Pangkas Waktu, Amazon Resmi Kirim Paket Pakai Drone
Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana Amazon Inc untuk memangkas waktu pengiriman paket sepertinya akan segera terwujud. Pada ajang Amazon re: Mars yang berlangsung di California, Rabu (5/6/2019), raksasa e-commerce ini memulai debut drone terbaru untuk pengiriman paket.

Pengiriman paket melalui drone ini akan disediakan bagi pelanggan prioritas yang tergabung dalam Amazon Prime. Baru-baru ini Amazon meluncurkan kampanye pengiriman saru hari gratis ke anggota Prime di Amerika Utara.


Dalam blog perusahaan, Amazon yakin drone otonom dapat membantu mengurangi waktu pengiriman paket. Drone pengiriman ini menggunakan tenaga listrik dan mampu membawa paket dengan berat hingga 3 kg ke pelanggan dalam waktu setengah jam. Alat tersebut juga dapat terbang sejauh 24 km.


CEO Worldwide Consumer Division Amazon Jeff Wilke mengatakan perusahaan berinvestasi besar-besaran dalam kecerdasan buatan (AI) yang membantu drone menavigasi dengan aman ke tempat tujuan dan mengantarkan paket dengan aman. AI akan bisa mendeteksi kabel telepon, orang, properti bahkan binatang kecil di darat sehingga menghindarkan drone dari tabrakan.

Penggunaan drone ini juga menjadi bagian dari komitmen Amazon untuk mengurangi emisi karbon. Perusahaan berencana membuat emisi karbon dari pengiriman barang menjadi nol pada 2030.

"Drone listrik bisa dilakukan pengisian secara berkelanjutan tanpa mencemari udara dan lebih lebih hemat energi ketimbang mengirim paket dengan mobil," ujar Amazon dalam postingan blog perusahaan, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (6/6/2019).


Simak video tentang Amazon di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading