Startup

Terungkap! Softbank Bakal Guyur Grab Rp 14,5 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 December 2018 14:27
Terungkap! Softbank Bakal Guyur Grab Rp 14,5 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan berbagi tumpangan (ride-hailing) terpopuler di Asia Tenggara, Grab Holdings akan kembali disuntik oleh Softbank Vision Fund.

Lembaga penggalang dana milik Softbank ini berencana menyuntikkan Grab lebih dari US$1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.500). Bahkan dua sumber TechCruch membisikkan suntikan dana ini bisa meningkat hingga US$1,5 miliar (Rp 21,75 triliun).

Sayang perwakilan Softbank dan Grab tidak menanggapi permintaan komentar.


Softbank Vision Fund telah melakukan investasi sebesar US$3 miliar pada startup dan perusahaan teknologi di ASai dalam beberapa bulan terakhir. Termasuk ikut dalam penggalangan dana yang dilakukan startup operator hotel India, OYO, yang berhasil kumpulkan dana US$1 miliar di September 2018.

Menyuntik e-commerce Korea Selatan dalam putaran penggalangan dana sebesar US$2 miliar dan jadi lead investor bersama dengan Alibaba dalam penggalangan dana untuk Tokopedia sebesar US$1,2 miliar.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan November 2018, Softbank berencana untuk mengalihkan kepemilikan sahamnya startup ride-hailing Uber (AS dan Eropa), Didi Chuxing (China), Ola (India) dan Grab (Asia Tenggara) ke Softbank Vision Fund. Namun tidak jelas kapan akan dialihkan.

"Perusahaan mengharapkan prosedur tersebut akan dilakukan di masa depan dan mendapatkan persetujuan dari mitra kami," jelas Softbank dalam laporan.

Tahun ini menjadi tahun yang penting dalam Grab sebab banyak investor yang menyuntik dan bekerja sama dengan Grab. Sebelum suntikan dana dari Softbank Vision Fund, Grab sudah mengumpulkan dana US$3 miliar.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading