e-Commerce

Terungkap! Ini Alasan Lippo Group Hapus MatahariMall.com

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 November 2018 13:44
Terungkap! Ini Alasan Lippo Group Hapus MatahariMall.com
Jakarta, CNBC Indonesia - Lama tak terdengar kabarnya, MatahariMall.com mengumumkan rencana penggabungan platform e-commerce ini ke dalam Matahari Departement Store dan melakukan rebrand sebagai MATAHARI.com.

Fokus bisnisnya pun berubah, dari sebelumnya sebagai platform yang menawarkan produk fesyen hingga elektronik dari pihak ketiga menjadi situs untuk memamerkan produk-produk Matahari.

"Kami selalu bekerja keras untuk memberikan pengalaman pelanggan yang bebas hambatan, dan yakin bahwa rebrand ini akan membuat Matahari lebih cepat dalam mencapai tujuannya untuk menyediakan pengalaman Omni-channel sejati kepada pelanggannya di Indonesia," ujar CEO MatahariMall, Hadi Wenas dalam keterangan resmi, Rabu (21/11/2018)


"MatahariMall.com merupakan perusahaan e-commerce pertama di Indonesia yang memiliki kapabilitas O2O (Online to Offline) di seluruh wilayah Indonesia, dan merupakan proses yang alami bagi Matahari, di bawah satu merek, MATAHARI.com, untuk melanjutkan pengembangan opsi ini bagi pelanggan untuk berbelanja produk fashion tanpa batasan baik secara online maupun offline."

Asal tahu saja, MatahariMall.com adalah platform e-commerce adalah salah satu anak usaha Lippo Group yang didirikan pada 2015 silam. Pada awal pendiriannya, Lippo menyuntikkan dana segar sebesar US$500 juta pada platform e-commerce ini.

MatariMall juga berhasil mendapatkan pinjaman pendanaan tahap pertama sebesar US$200 juta dari CreditSuisse dan Bank of America Merrill Lynch. Rothschild ditunjuk sebagai financial advisor Grup Lippo, dalam transaksi tersebut.

Setahun kemudian, MatahariMall.com mengumumkan suntikan dana segar sebesar US$100 juta yang dipimpin oleh investor asal Jepang, Mitsui & Co dan pemodal baru serta pemodal yang sudah ada.

Multipolar, anak usaha milik Lippo lainnya memiliki saham sebesar 16% di MatahariMall.com setelah ikut dalam putaran kedua pengumpulan dana yang dilakukan tahun lalu.

Selain Multipolar, Matahari Departement Store juga memiliki saham di MatahariMall.com dengan kepemilikan mencapai 20%.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading