e-Commerce

Sebelum Dihapus, Mataharimall.com Berhasil Galang Dana Rp 9 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 November 2018 14:13
Sebelum Dihapus, Mataharimall.com Berhasil Galang Dana Rp 9 T
Jakarta, CNBC IndonesiaPlatform e-commerce milik Lippo Group, MatahariMall.com resmi bersalin nama menjadi MATAHARI.com sejak Selasa (20/11/2018) setelah digabungkan dengan Matahari Departement Store.

Sejalan dengan hal ini, Mataharimall.com akan menghubungi mitra dalam waktu dua minggu untuk menyelesaikan pembayaran. MatahariMall.com juga akan membantu proses aplikasi merchant ke Matahari.com hingga 7 Desember 2018.

Setelah bersalin nama, MATAHARI.com akan menjadi e-commerce yang fokus pada produk fesyen yang memamerkan produk-produk Matahari.


Penggabungan ini tentu mengejutkan banyak pelaku dunia digital. Pasalnya, Mataharimall.com termasuk e-commerce yang cukup menjanjikan pada awal pendirian.

Mataharimall.com didirikan pada tahun 2015. Pada awal pendirian Lippo Group menyuntikkan dana sebesar US$500 juta untuk mengejar target transaksi US$1 miliar dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Baru berdiri, Mataharimall.com berhasil mendapatkan pinjaman pendanaan tahap pertama sebesar US$200 juta dari CreditSuisse dan Bank of America Merrill Lynch. Rothschild ditunjuk sebagai financial advisor Grup Lippo, dalam transaksi tersebut.

Setahun kemudian, MatahariMall.com mengumumkan suntikan dana segar sebesar US$100 juta yang dipimpin oleh investor asal Jepang, Mitsui & Co dan pemodal baru serta pemodal yang sudah ada.

Pada tahun lalu, Mataharimall.com kembali mendapatkan suntikan dana sebesar US$16 juta. Kali ini investornya Matahari Departement Stores (MDS).

Menurut Cruchbase, dalam tiga kali putaran penggalangan dana Mataharimall telah berhasil mengumpulkan dana sebesar US$616 juta atau setara Rp 9,06 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.700).

[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading