IMF Ungkap Aset Terbesar yang Paling Canggih di Sebuah Negara

Tech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
12 October 2018 09:49
IMF Ungkap Aset Terbesar yang Paling Canggih di Sebuah Negara
Jimbaran, CNBC Indonesia - Dalam perkembangan digital seperti sekarang ini, Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menilai informasi sebagai sebuah aset yang sangat besar untuk meningkatkan kapitalisasi dan memberi nilai tambah.

Teknologi finansial (fintech) pun tak ketinggalan memanfaatkan informasi atau data sebagai fondasi sistem layanannya. Gabriel Quiros selaku Wakil Direktur Departemen Statistika di IMF menggambarkan korelasi antara informasi dan fintech dengan penggunaan WhatsApp dan Facebook.

Ia menjelaskan meski layanan pesan berbasis internet dan situs jejaring sosial itu bisa digunakan secara gratis, tetapi faktanya pengguna sedang menjual data mengenai perilaku maupun informasi pribadi mereka ke perusahaan.

IMF Ungkap Aset Terbesar yang Paling Canggih di Sebuah NegaraFoto: OJK Fintech Talk (CNBC Indonesia/Donald Banjarnahor)


"Kita senang sekali menggunakan Facebook karena gratis. Sebenarnya, kita sedang melakukan transaksi ke Facebook atau WhatsApp karena memberi informasi atau data kita, jadi mereka bisa tahu bagaimana cara mengiklankan produk," jelas Quiros dalam Seminar OJK Fintech Talk di Jimbaran, Bali, hari Jumat (12/10/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan perusahaan besar yang sudah menjadi pemimpin pasar di bidangnya cenderung menjadi pemenang yang mengambil semua informasi atau biasa disebut dengan istilah "winner takes all".

Alhasil, kata Quiros, perusahaan digital pun memiliki kumpulan data dan informasi konsumen yang lebih besar ketimbang perusahaan keuangan atau bank konvensional.

"Kita tidak boleh melupakan bahwa big data itu ada karena perusahaan digital," katanya.

Maka dari itu, pemerintah nasional perlu memiliki akses terhadap big data menggunakan cara yang serupa dengan perusahaan digital. Sehingga, big data bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat dan stabilitas.

"Big data akan jadi produk dari model bisnis digital dan fintech, yang akan memberi nilai sangat besar," pungkasnya.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading