Fintech

Ekspansi di Brasil, Tencent Beli Rp 2 T Saham Fintech Nubank

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
09 October 2018 12:59
Tencent akan bantu Nubank dalam hal membangun platform layanan lengkap untuk keuangan pribadi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan game dan media sosial China Tencent Holdings Ltd mengincar pasar Brazil. Tencent mengeluarkan dana US$180 juta (Rp 2 triliun) untuk menjadi pemegang saham minoritas di fintech bernama Nu Pagamentos SA (Nubank).

Langkah ini menandai debut Tencent di negara dengan Ekonomi terbesar Amerika Latin ini. Nubank merupakan perusahaan penyedia pembayaran digital dan kartu kredit virtual, yang ingin merambah bisnis fintech pinjam meminjam consumer atau peer to peer lending.

Pada Januari 2018, Nubank mendapat izin dari bank sentral Brasil untuk menawarkan pinjaman kepada konsumen. Layanan ini akan disediakan pada akhir tahun ini.


Tencent berinvestasi di Nubank melalui peningkatan modal sebesar US$90 juta, kata David Velez, CEO Nubank kepada Reuters, Senin (8/10/2018)

Perusahaan raksasa China juga membayar US$90 juta untuk mengakuisisi sebagian saham dari pemegang saham Nubank saat ini.

Presiden Tencent Martin Lau mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa investasi tersebut ditujukan untuk membantu Nubank "membangun platform layanan lengkap untuk keuangan pribadi."

Sebelumnya, Tencent juga sudah menjadi pemegang saham utama dari bank online, WeBank, perusahaan asuransi online-online, ZhongAn Online P&C Insurance Co Ltd , dan telah berinvestasi di perusahaan fintech lainnya di pasar dari Filipina hingga Jerman.

Sejak didirikan pada tahun 2013, Nubank telah mengeluarkan 5 juta kartu kredit virtual dan telah mendaftarkan 2,5 juta pelanggan ke rekening pembayaran digital. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer, membayar tagihan dan mendapatkan bunga deposito.

Velez mengatakan sementara ini Nubank tidak membutuhkan suntikan modal lagi tahun ini, Tencent akan membantu perusahaan mengembangkan lebih lanjut di berbagai bidang seperti pembayaran, pinjaman konsumen, teknik dan machine learning.

Sejak 2013, Nubank telah mengumpulkan US$330 juta dalam enam putaran pembiayaan. Dalam putaran keuangan terakhir, dipimpin oleh perusahaan modal ventura DST Global Investment Partners, Nubank mengumpulkan US$150 juta.

Situs web "The information" sebelumnya melaporkan tentang investasi Tencent di Nubank.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading