Perkembangan Teknologi

Ini Perusahaan Digital Paling Berpengaruh di 2018

Tech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
21 September 2018 15:22
Daftar perusahaan yang berpengaruh di dunia tahun 2018.
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS) Amazon menduduki posisi nomor satu di jajaran daftar 100 Perusahaan Digital paling berpengaruh di tahun 2018 versi majalah Forbes. Pasalnya, harga saham perusahaan itu terus menguat nyaris dua kali lipat selama satu tahun belakangan.

Kapitalisasi pasar perusahaan juga berhasil menembus US$1 triliun (Rp 14.827 triliun) di awal September dan menjadi perusahaan AS kedua yang mampu meraih pencapaian tersebut setelah Apple, yang berada di peringkat 38, di bulan Agustus. Nilai saham Amazon juga diprediksi bisa menyentuh $2,5 triliun pada tahun 2024.

Amazon memang seakan tidak pernah kehabisan ide untuk berinovasi. Baru-baru ini, perusahaan mempertimbangkan rencana untuk membuka 3.000 toko tanpa kasir bernama Amazon Go dalam beberapa tahun ke depan.


Para pelanggan bisa belanja di toko ini dengan berbekal aplikasi smartphone untuk dipindai saat masuk ke dalam toko, sehingga kamera dan sensor dapat melacak apa saja yang dilakukan mereka saat mengambil ataupun menaruh barang kembali ke rak.

Sementara itu perusahaan streaming digital asal AS, Netflix, berada di peringkat kedua sebagai perusahaan paling berpengaruh tahun ini. Layanan streaming domestik menyumbang bagian yang besar ke total pendapatan perusahaan sebesar $11,7 miliar di tahun 2017.

Tak mau berkiprah di kendang sendiri, sejak tahun 2010 Netflix melebarkan sayapnya ke pasar dan segmen internasional yang kini menyumbang 43,5% dari pendapatannya. Kini Netflix tengah bersaing dengan Amazon Prime yang merupakan penyedia layanan streaming nomor wahid di dunia.

Perusahaan asal Negeri Paman Sam menguasai peringkat 10 besar di dalam daftar 100 Perusahaan Digital paling berpengaruh di tahun 2018, dengan mayoritas bergerak bidang layanan dan perangkat lunak Teknologi Informasi (TI).
  1. Amazon.com asal AS, bergerak di bidang ritel
  2. Netflix asal AS, bergerak di bidang media
  3. NVIDIA asal AS, bergerak di bidang semikonduktor
  4. Salesforce.com asal AS, bergerak di bidang layanan dan perangkat lunak TI
  5. ServiceNow asal AS, bergerak di bidang layanan dan perangkat lunak TI
  6. Square asal AS, bergerak di bidang layanan dan perangkat lunak TI
  7. Analog Devices asal AS, bergerak di bidang semikonduktor
  8. Palo Alto Networks asal AS, bergerak di bidang peralatan dan perangkat keras teknologi
  9. Splunk asal AS, bergerak di bidang layanan dan perangkat lunak TI
  10. Adobe Systems asal AS, bergerak di layanan dan perangkat lunak TI
Hampir setengah dari daftar 100 Perusahaan Digital paling berpengaruh di tahun 2018 didominasi oleh perusahaan asal Negeri Paman Sam yang jumlahnya mencapai 49 perusahaan. Beberapa nama besar AS yang masuk ke dalam daftar tersebut meliputi Twitter di posisi 21, Microsoft di nomor 69, Spotify di peringkat 71 dan Hewlett Packard Enterprise di jajaran 99.

Raksasa teknologi asal China, Tencent Holdings, yang berada di balik aplikasi pesan ponsel WeChat dan beberapa permainan ponsel populer berada di peringkat 18. Laba perusahaan itu tumbuh 71,7% di tahun 2017 berkat kuatnya kinerja permainan ponsel, layanan cloud dan langganan video on-demand. Perusahaan ini dikenal juga dikenal karena permainan Honour of Kings yang memiliki lebih dari 200 juta pemain bulanan.

Majalah Forbes mengeluarkan daftar 100 Perusahaan Digital paling berpengaruh di tahun 2018 dengan mencakup perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi informasi (TI), perangkat keras (hardware), media, ritel digital dan telekomunikasi yang sudah melantai di bursa saham. Perusahaan dari 17 negara yang berhasil masuk ke dalam daftar itu dinilai telah berhasil membentuk dunia digital.

Perusahaan layanan dan perangkat lunak TI memiliki porsi terbesar dalam daftar tersebut yakni 35%, disusul bidang peralatan dan perangkat keras teknologi yang berjumlah 26 perusahaan dan bidang semikonduktor dengan 23 perusahaan.

"Perusahaan dinilai berdasarkan beragam faktor, termasuk penjualan, laba, pertumbuhan aset dan kinerja saham selama satu tahun belakangan," tulis Forbes.

Ini Perusahaan Digital Paling Berpengaruh di 2018Foto: Arie Pratama



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading