Buat Divisi Blockchain, Facebook Buka Lowongan Kerja!

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
07 September 2018 15:59
Facebook buka lowongan kerja untuk divisi barunya, divisi blockchain.
Jakarta, CNBC Indonesia- Tertarik bekerja di Facebook? Perusahaan media sosial ini sedang mencari "Head of business development & partnerships" untuk divisi blockchain di kantor utamanya, Silicon Valley.

Kualifikasi yang dibutuhkan: setidaknya 15 tahun pengalaman bertransaksi dan seseorang yang dapat "memimpin, menumbuhkan dan membimbing tim global profesional pengembangan bisnis yang berpengalaman."Spekulasi tentang blockchain di Facebook telah tersebar sejak Januari, ketika sang CEO, Mark Zuckerberg menyatakan ketertarikan dan misinya untuk membuat desentralisasi teknologi di 2018.


Blockchain adalah rantai data yang menggunakan teknik kriptografi. Setiap blok biasanya memuat hash kriptografis dari blok sebelumnya, timestamp, dan data transaksi. Dengan penggunaan teknologi ini, memungkinkan hampir semua jenis transaksi digital untuk dilacak tanpa lembaga tunggal yang memiliki atau mengendalikannya.


Pada 8 Mei, keputusan besar ini terjadi ketika pemimpin Facebook Messenger, David Marcus mengatakan Ia mengubah pekerjaan agar bisa membuat "kelompok eksplorasi kecil yang mulai dari awal mencari bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkan Blockchain di Facebook." Tulis Marcus sebagaimana dilansir dari CNBC International, Jumat (7/9/2018).

5 bulan sebelumnya, Marcus tergabung di jajaran direktur CoinBase, salah satu perusahaan yang memimpin dalam bidang pertukaran cryptocurrency. Tetapi, pada bulan lalu dia mengundurkan diri untuk menghindari "munculnya konflik", kata juru bicara Facebook.

Facebook belum mengatakan apa-apa tentang rencana penggunaan blockchain, mungkin saja mereka akan fokus pada mata uang digital. Tetapi berdasarkan postingan kerja, tampaknya mereka membangun platform kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan mempertimbangkan pembaruan layanan keuangan serta "cara-cara untuk berbagi informasi."



(gus/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading