Jokowi Cerita Pengalamannya Main Game VR di Markas Facebook

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
25 August 2018 11:02
Jokowi Cerita Pengalamannya Main Game VR di Markas Facebook
Jakarta, CNBC Indonesia - Perjalanan Presiden Joko Widodo mengunjungi kantor pusat media sosial asal Amerika Serikat, Facebook, di California dua setengah tahun lalu ternyata meninggalkan kesan yang mendalam baginya.

Di markas perusahaan media sosial terbesar di dunia itu, Jokowi berkesempatan mencicipi permainan berteknologi virtual reality (VR).

"Dua setengah tahun yang lalu saya masuk ke markasnya Facebook. Saya masuk dengan Mark [Zuckerberg]. Saya disuruh pakai kacamata gede gitu, diajak main pingpong tapi tidak ada mejanya, tidak ada bolanya, tidak ada betnya," kenang Jokowi saat memberi sambutan di acara Young on Top hari Sabtu (25/8/2018).


"Coba bayangkan. Tapi 100% persis main pingpong. Tang tung tang tung," tambahnya.

Saat itu, Zuckerberg menjelaskan padanya game VR itu dapat digunakan untuk bermain hampir semua jenis olahraga, termasuk sepakbola.


Ketika mengunjungi kantor raksasa teknologi lainnya, Google, Jokowi juga dibuat terkesima oleh kemampuan perusahaan asal AS itu untuk memantau pergerakan ikan di laut. Ia menyebut teknologi itu sangat penting bagi nelayan Indonesia agar lebih mudah menangkap ikan.

"Ini juga yang harus kita waspadai, seperti gagasan-gagasan besar Elon Musk, Tesla, SpaceX. Kemajuan-kemajuan seperti ini harus kita lihat," kata Presiden.

"Di situ ada dua hal menurut saya, pertama ada tantangan yang harus dihadapi. Kedua, ada opportunity yang harus diketahui di mana peluangnya, di mana opportunity-nya," ujar Jokowi.

"Inilah yang akan membawa sebuah negara maju atau tidak. Maju ke depan kalau kita bisa mengantisipasi, menyiapkan, merencanakan dalam revolusi industri 4.0," tambahnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading