Perkembangan Teknologi

Ingin Berbisnis di RI, WeChat Harus Gandeng Mitra Lokal

Tech - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
21 August 2018 15:59
Ingin Berbisnis di RI, WeChat Harus Gandeng Mitra Lokal
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengidentifikasi adanya sejumlah turis asing yang kerap kali berbelanja menggunakan layanan pembayaran non tunai berbasis aplikasi seperti WeChat di Bali.

Padahal, dalam Peraturan BI (PBI) 19/8/PBI/2017 tentang GPN ada satu poin yang menyebutkan prinsipal asing yang memproses transaksi pembayaran ritel di indonesia harus bekerja sama dengan lembaga switching domestik yang sudah disetujui bank sentral.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarko mengatakan, pihaknya saat ini masih meneliti permasalahan dan praktik yang saat ini sedang dilakukan oleh WeChat.


Dalam hal ini, BI mendorong WeChat untuk bermitra dengan pihak lokal apabila ingin terus beroperasi di Indonesia. "Kami arahkan untuk memiliki mitra domestik,"ujar dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (21/8/2018).

Meski, Onny tidak menjelaskan secara detail, mitra mana yang sedang didekati oleh WeChat. Dia pun sekali lagi mengarahkan WeChat untuk bermitra dengan pihak lokal."Kami belum tahu, kami teliti dahulu dan bermitra sesuai aturan BI," kata dia.





(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading