'Regulator Harus Hadirkan Aturan Khusus untuk Fintech'

Tech - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
31 July 2018 12:18
'Regulator Harus Hadirkan Aturan Khusus untuk Fintech'
Jakarta, CNBC Indonesia - International Finance Corporation (IFC), yang merupakan bagian dari World Bank Group, mengingatkan pemerintah Indonesia untuk mampu menghadirkan regulasi yang dapat mendukung perkembangan finacial technology (fintech).

Perkembangan pesat fintech dengan berbagai fungsi seperti memberi pinjaman, membutuhkan aturan yang dapat memonitor berbagai kegiatan yang ada. Hal itu disampaikan Chief Executive Officer IFC, Philippe Le Houerou dalam Fintech Financial Inclusion Forum di The Dharmawangsa, Kamis (31/7/2018).

"Dengan pesatnya perkembangan industri seperti fintech, di mana kita tidak tahu apa yang akan tercipta besok, regulator harus mampu menghadirkan kerangka untuk memonitor fintech secara fleksibel yang sejalan dengan perkembangan fintech," kata Philip.


Philip juga melihat pemerintah butuh meningkatkan kemanan siber, untuk meningkatkan keamanan data dan integritas keuangan, untuk mengembangkan literasi sehingga risiko terhadap masyarakat dapat berkurang.

"Penting pula untuk fintech memastikan legalitas seseorang secara online. Untuk itu, Indonesia bisa membangun sistem identitas nasional menggunakan biometrik, dengan jangkauan lebih dari 90% populasi berumur 16 tahun ke atas, dan memperluas pengoperasiannya secara online," tutur Phillip.

Menurut Phillip, Indonesia telah mencapai kemajuan besar untuk inklusi keuangan, namun memang masih banyak yang harus dilakukan untuk menjembatani kesenjangan akses keuangan. Maka dari itu, dibutuhkan pengaturan dan pengawasan yang tepat agar manfaat dari kehadiran fintech mampu benar-benar dirasakan.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading