Perkembangan Teknologi

Ingin Kembali Rebut Pasar, HTC Bikin Smartphone Blockchain

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 July 2018 14:08
HTC kembangkan smartphone untuk mengembalikan kejayaannya di industri smartphone.
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen telepon cerdas (smartphone) Taiwan, HTC, beralih ke blockchain sebagai salah satu strategi pengembangan setelah bisnisnya lesu dan pangsa pasar tergerus.

Tetapi beberapa analis tidak yakin rencana membangun produk seputar teknologi yang mendukung cryptocurrency ini dapat membalikkan keadaan HTC setelah bertahun-tahun kehilangan pangsa pasar.

Pada Mei 2018, HTC mengumumkan rencana pengembangan smartphone baru yang diberi nama Exodus yang fokus pada keamanan dan data. Perusahaan mengatakan ponsel ini untuk "memperluas ekosistem blockchain" yang sedang dikembangkan Phil Chen, chief crypto officer HTC yang sebelumnya menjalankan bisnis headset virtual reality Vive.


Smartphone ini dikabarkan akan berjalan di perangkat Android, memiliki dompet digital universal untuk menyimpan koin digital, dan mendukung cryptocurrency utama, seperti Bitcoin dan Etherium. Exodus akan menjalankan aplikasi terdesentralisasi, yang merupakan program digital yang beroperasi di blockchain dan berada di luar kendali otoritas tunggal.

Di luar itu, rincian tentang spesifikasi hardware ponsel jarang diungkap ke publik meskipun HTC mengatakan akan mulai pengiriman akhir tahun ini.

The Exodus bukan smartphone blockchain pertama. Sirin Labs meluncurkan perangkat serupa yang disebut Finney yang dibandrol seharga US$1.000 (Rp 14,4 juta) dan menggunakan spesifikasi komponen smartphone mainstream lainnya. HTC tidak mengungkapkan kisaran harga untuk Exodus, perusahaan mengatakan akan "sebanding dengan perangkat Sirin Labs."

Beberapa analis mengatakan Eksodus mungkin tidak menarik bagi sejumlah besar pengguna ponsel cerdas - setidaknya tidak dalam jangka pendek - dan HTC hanya mengikuti tren yang sedang berkembang saja.

"Target pengguna perangkat ini akan sangat terbatas, sangat sedikit orang yang memahami teknologi ini dan manfaat yang terkait dengannya," ujar Anshika Jain, analis di Counterpoint Research, Senin (23/7/2018) seperti dilansir dari CNBC International.

Anshika Jain menjelaskan perusahaan seperti BlackBerry, Blackphone dan SIKUR tidak terlalu sukses ketika meluncurkan perangkat yang fokus pada privasi ketimbang perangkat keluaran Samsung, Apple, dan Huawei.

Smartphone Exodus akan "kesulitan untuk bersaing dengan iPhone X, Samsung S9, dan smartphone premium lainnya karena nilai merek dan fitur yang terkait dengan perangkat tersebut kurang bersaing," katanya.

Agak membingungkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading