Cuan Lagi! Sekeping Bitcoin Kini Dihargai Rp 103 Juta

Tech - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
19 July 2018 19:47
Nilai Bitcoin kembali membuat mata terbelalak.
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai Bitcoin kembali membuat mata terbelalak. Bagaimana tidak, satu keping koin digital ini dihargai US$ 7.420 atau Rp 103 juta [Kurs US$ 1 = Rp 14.000].

Mengintip data Coinbase, Kamis (17/7/2018), pada pukul 19.30 WIB nilai bitcoin naik US$ 1.280 atau Rp 17,92 juta.

Pekan lalu, tepatnya 13 Juli 2018 nilai Bitcoin masih di posisi US$ 6.140 atau Rp Rp 85,96 juta. Kenaikan dalam sepekan mencapai 20% lebih.


Bitcoin makin popular belakangan walaupun baru saja Bos The Fed Jerome Powell memberikan ultimatum bahwa cryptocurrency 'berbahaya'.

Mata uang digital telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa tokoh paling terkenal di Wall Street, termasuk Fundstrat's Tom Lee dan investor nilai Bill Miller, ikut masuk ke dunia tersebut. Harga Bitcoin meroket tahun lalu dan diperdagangkan sebentar di atas US$ 20.000, sebelum penurunan tajam pada 2018.

Di Indonesia, Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) alias Bursa Berjangka saat ini tengah mempersiapkan proses peresmian perdagangan mata uang digital (cryptocurrency) sebagai salah satu komoditas yang diperdagangkan di bursa berjangkanya.

Direktur Utama Lamon Rutten persiapan tersebut telah mencapai 80%, sehingga ditargetkan mata uang digital tersebut dapat diperdagangkan paling lambat pada Desember tahun ini.

"Tahun ini rencana kami ada empat cryptocurrency, saya belum bicara cryptocurrency-nya. Saya belum tahu bulan pastinya, namun kami akan menggunakan kontrak cryptocurrency futures, mungkin sekitar 80% sudah selesai," ujar Lamon di sela acara Halal Bihalal ICDX di The Westin Hotel, Jumat (13/7/18).

Sementara itu, nantinya ICDX sebagai salah satu bursa berjangka di Indonesia akan menawarkan harga kontrak berjangka dengan nilai minimum US$ 10 ribu.

Nilai kontrak minimum tersebut sangat rendah dibandingkan dengan bursa berjangka di Indonesia yang menawarkan kontrak seharga minimum US$ 100 ribu.

Dengan angka kontrak yang minimum tersebut, pihaknya berharap bahwa investor Indonesia akan tertarik dan menggunakan cryptocurrency futures sebagai salah satu format investasinya.
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading