Cryptocurrency

OJK: Teknologi Blockchain Penting Untuk Ekonomi Digital

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 July 2018 20:07
OJK: Teknologi Blockchain Penting Untuk Ekonomi Digital
Jakarta, CNBC Indonesia - Berkembangan inovasi dalam industri keuangan akan membuat blockchain dan mata uang digital (cryptocurrency) memiliki peranan penting dalam ekonomi digital.

Hal ini diungkapkan Kepala Grup Pengembangan Inovasi Keuangan Mikro OJK Triyono Gani dalam diskusi bertajuk Pengembangan Inovasi Keuangan Digital di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/7/2018).

Triyono mengatakan Blockchain dan cryptocurrency lahir berkembang untuk menyokong ekonomi digital. Mereka menjadi salah satu produk yang memberikan kemudahan dalam dunia internet.


"Blockchain akan memberikan kemudahan sehingga bisnis trade finance akan hilang. Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) dalam remitansi akan hilang dan diganti blockchain yang mudah dan efisien," ujar Triyono.

Cryptocurrency dibutuhkan dalam melakukan penyelesaian transaksi. Mata uang konvensional tidak bisa digunakan dalam ekonomi digital karena cryptocurrency bersifat transfer nilai jika nilai yang ditransfer berbeda maka tidak dapat diproses.

"Soal cryptocurrency adalah wewenang Bank Indonesia (BI), saat ini cryptocurrency belum bisa digunakan di Indonesia," ujarnya.
(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading