Cryptocurrency

Pemilik Wafat, Dana Bitcoin Cs Rp 2 T Tak Bisa Dicairkan

Tech - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
06 February 2019 14:40
Pemilik Wafat, Dana Bitcoin Cs Rp 2 T Tak Bisa Dicairkan
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 180 juta dolar Kanada atau setara Rp 1,91 triliun dana dalam platform bursa penukaran Bitcoin Cs di Kanada bernama Quadriga tak bisa dicairkan. Hal ini terjadi setelah kejadian meninggalnya pendiri Quadriga bernama Gerald Cotten yang berumur 30 tahun pada Desember lalu.

Pada pekan lalu, Quadriga mengajukan perlindungan kreditor di Mahkamah Agung Nova Scotia.

Gerald Cotten memang memiliki peran penting di perusahaan lantaran ia satu-satunya orang yang memiliki kata sandi untuk mengakses platform. CNBC Internasional menyebutkan bahwa Gerald Cotten meninggal akibat komplikasi penyakit Chron ketika menjadi sukarelawan di sebuah panti asuhan di India. Kabar gundah ini diumumkan melalui halaman Facebook Quadriga CX pada 14 Januari.


Janda Cotten bernama Jennifer Robetson mengatakan bahwa Quadriga memiliki 363.000 pengguna terdaftar dan mempunyai utang dengan total 250 juta dolar Kanada kepada 115.000 pengguna yang terkena dampak.

Mewakili perusahaan, Robertson juga menyatakan dalam pernyataan tertulis bahwa komputer utama Cotten berisi "dompet digital" cryptocurrency hanya dapat diakses secara fisik dan tidak online. Kematia Cotten meninggalkan lebih dari 180 juta dolar Kanada dalam "dompet" tersebut.

Robertson berkata bahwa ia tidak terlibat dalam bisnis Cotten ketika dia masih hidup dan tidak tahu kata sandi atau kunci pemulihanya. "Meskipun pencarian sudah dilakukan dengan berulang-ulang, saya belum menemukanya [sandi]," kata Robertson.

Robertson juga sudah berkonsultasi dengan seorang ahli. Namun memiliki belum berhasil pemulihan beberapa koin dan informasi dari komputer dan ponsel Cotten yang lain. Bahkan sebagian besar tidak dapat menyentuh komputer utamanya.

Dean Skurka, seorang Wakil Presiden platform saingannya bernama Bitbuy.ca ikut menyoroti masalah cryptocurrency dalam platform dalam melakukan perdagangan Bitcoin, Litecoin, dan Etherum dalam wawancara dengan Canadian Broadcasting Corp.

"Ini menjadi sorotan dan pemerintah perlu mengambil tindakan dan mengatur pertukaran mata uang kripto," ucap Skurka.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading