Internasional

Kisah Programmer yang Kuras Jutaan Dolar dari Mesin ATM

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 February 2019 12:43
Kisah Programmer yang Kuras Jutaan Dolar dari Mesin ATM
Jakarta, CNBC Indonesia - Cerita seorang programmer yang berhasil menguras isiĀ mesin anjungan tunai mandiri (ATM) ternyata tak hanya terjadi di dalam film. Di dunia nyata aksi ini pun terjadi.

Seorang programmer bernama Qin Qisheng berhasil menemukan skema yang membuatnya berhasil menarik dana hingga 7 juta yuan atau setara US$1 juta (Rp 14 miliar) dari mesin ATM yang dioperasikan tempatnya bekerja, Huaxia Bank.

Pria berusia 43 tahun ini mengeksplorasi celah keamanan dari mesin ATM. Ia menguras ATM bank di tengah malam dan sistem banyak tidak mencatat penarikan dana tersebut.


Qin Qisheng diduga memasukan skrip ke dalam sistem yang membuat ATM mengeluarkan dana tunai tanpa tercatat, The Verge melaporkan dengan mengutip The South China Morning Post dan Daily Economic News, Rabu (6/2/2019).

Aksi penarikan dana secara ilegal ini dilakukan pada November 2016 dan baru terungkap pada Januari 2018. Bank menemukan ada 1.358 kali penarikan setelah melakukan mencurigai ada yang salah dalam sistem. Pencurian ini kini ditangani pihak berwenang.

Uniknya, bank meminta pihak berwenang untuk tidak melanjutkan kasus ini. Huaxia Bank menerima penjelasan dari Qisheng bahwa tindakan ini untuk menguji keamanan bank dan menyimpan uang tersebut untuk dikembalikan ke bank.

Namun pengadilan menolak permintaan Huaxia Bank dan Qisheng sedang menghadapi tuntutan penjara selama 10,5 tahun setelah kalah banding di pengadilan. Pengadilan berkukuh yang dilakukan Qisheng merupakan tindakan kejahatan karena memindahkan dana ke rekening pribadi dan menginvestasikan sejumlah dana tersebut ke pasar saham.


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading