Perkembangan Teknologi

Porsche Beli Saham Produsen Mobil Listrik Berteknologi Tinggi

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 June 2018 19:49
Porsche Beli Saham Produsen Mobil Listrik Berteknologi Tinggi
Jakarta, CNBC Indonesia - Porsche mengakuisisi 10% saham produsen mobil sport listrik berteknologi tinggi Rimac Automobili. Aksi korporasi ini diumumkan, Rabu (20/6/2018).

Rimac Automobili berbasis Zagreb mengembangkan dan memproduksi komponen untuk kendaraan listrik dan memproduksi "mobil super sport listrik." Pada Geneva Motor Show di bulan Maret 2018, Produsen mobil Kroasia ini memamerkan iterasi terbaru dari C Two, "hypercar elektrik" dua tempat duduk yang memiliki kecepatan hingga 256 mil per jam. Daya baterai kendaraan ini dapat diisi mencapai 80% dalam 30 menit.

"Dengan mengembangkan mobil listrik super sport dua tempat duduk, seperti Concept One or C Two, yang merupakan inti sistem kendaraan, Rimac secara mengesankan menunjukkan kepercayaannya di bidang elektromobilitas," kata Direktur Porsche Lutz Meschke dalam sebuah pernyataan.


"Kami merasa bahwa ide-ide dan pendekatan Rimac sangat menjanjikan, itulah sebabnya kami berharap dapat menjalin kerja sama erat dengan perusahaan dalam bentuk kemitraan pembangunan," jelas Meschke, yang merupakan wakil ketua dewan eksekutif dan anggota dewan eksekutif untuk keuangan dan TI di Porsche.

Porsche adalah salah satu dari produsen mobil yang ingin merangkul mobilitas listrik. Pada 2019 setiap Volvo akan memiliki motor listrik, sementara pada Januari 2019 Ford mengumumkan akan meningkatkan investasi pada elektrifikasi yang direncanakan mencapai US$11 miliar pada 2022.

Seperti halnya manufaktur mobil sport listrik, Rimac Automobili berfokus pada powertrains listrik, baterai teknologi bertegangan tinggi dan apa yang digambarkan Porsche sebagai "pengembangan antarmuka digital antara manusia dan mesin."

Rimac juga mengembangkan dan memproduksi e-sepeda melalui anak perusahaan Greyp Bikes. CEO Rimac, Mate Rimac menggambarkan kemitraan sebagai langkah penting bagi bisnis dalam perjalanannya untuk menjadi "pemasok komponen dan sistem pilihan untuk industri dalam ketenagalistrikan, konektivitas, dan bidang menarik dari sistem bantuan pengemudi yang canggih."


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading