Teknologi Nggak Selalu Bikin Bahagia Gaes, Nih Contohnya!

Tech - Ratu Rina, CNBC Indonesia
11 March 2021 15:20
FILE PHOTO: Workers inspect Baojun E100 all-electric battery cars at a final assembly plant operated by General Motors Co and its local joint-venture partners in Liuzhou, Guangxi Zhuang Autonomous Region, China, December 27, 2017.  REUTERS/Aly Song/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, kita berada di tengah revolusi teknologi yang mengubah hidup dan perekonomian kita. Masyarakat pada umumnya akan mendapat banyak manfaat dari perubahan yang ada di depan kita.

Kabar buruknya adalah transformasi yang sama juga dapat menghasilkan beberapa dampak negatif. Manfaatnya tidak selalu lebih besar daripada biayanya dan ketidakbahagiaan yang dirasakan oleh beberapa orang. Ini mengingat sifat terpolarisasi dari banyak masyarakat saat ini. Faktanya, kita mungkin akan lebih banyak mendengar keluhan tentang transformasi ini daripada pujian selama dekade mendatang.

Dilansir Forbes, Kamis (11/3/2021), ada tiga contoh di mana kita mungkin melihat kontradiksi kemajuan teknologi yang menghasilkan manfaat yang lebih baik tetapi ketidakbahagiaan yang lebih besar. Berikut penjelasannya.

Mobil listrik
Penerimaan masyarakat terhadap mobil listrik akan terus meningkat seiring dengan penurunan harga, peningkatan sel bahan bakar hidrogen dan konsumen yang semakin nyaman menggunakannya. Tidak hanya akan ada perbaikan lingkungan, tetapi juga desain baterai baru yang inovatif. Itu artinya sebuah mobil dapat membantu menyalakan rumah dan bahkan dapat digunakan dalam situasi darurat.

Tapi, coba bayangkan pemadaman listrik yang bisa saja terjadi sebagaimana yang terjadi di Texas baru-baru ini. Pemilik Tesla tidak hanya dapat memberi daya pada rumah mereka sendiri, tetapi kelebihan daya tersebut dapat digunakan untuk kasus darurat.

Jangan kaget jika nanti melihat situs web darurat di masa mendatang tempat pemilik Tesla dapat mendaftar dan menawarkan beberapa jam daya mereka kepada keluarga yang membutuhkan.

Plant based dan meat factory
Kita akan melihat tren yang sama bahwa penurunan harga akan mengarah kepada ketersediaan yang lebih banyak dan pertumbuhan konsumen yang meningkat. Eksperimen dan perbaikan kecil akan mengarah kepada penerimaan dan adaptasi yang lebih luas. Sumber makanan baru ini akan menghasilkan peningkatan kesehatan, penggunaan tanah dan air yang lebih baik, dan bahkan berimplikasi pada perubahan iklim.

Pendidikan daring
Sekali lagi, penyempurnaan berkelanjutan dalam program, penawaran, harga, dan ketersediaan akan meningkatkan penerimaan dan penggunaan. Khususnya di area yang memungkinkan aktivitas terarah seperti pelajaran berhitung dan membaca di sekolah dasar.

Kita dapat dengan mudah melihat sistem di mana pembelajaran online menghasilkan hasil yang serupa atau lebih baik daripada pembelajaran di kelas. Ini mungkin sangat membantu bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, atau yang memiliki kemampuan bahasa terbatas, atau siswa normal yang harus sedikit berjuang dengan kemampuan yang lambat.

Namun, di sisi lain, ketiga kemajuan tersebut berpotensi mengarah pada beberapa dampak negatif. Perinciannya sebagai berikut.



a. Kehilangan pekerjaan
Nantinya, lebih sedikit orang akan dibutuhkan untuk semua pekerjaan yang menghasilkan busi, karburator, muffler, dan suku cadang lain yang dibutuhkan untuk mesin pembakaran internal yang menggerakkan sebagian besar mobil saat ini.

Pabrik mobil baru untuk kendaraan listrik akan lebih efisien, dan pekerjaan baru yang tercipta di fasilitas tersebut tidak akan mampu mengimbangi jumlah total orang yang kehilangan pekerjaan. Ditambah, pabrik baru tersebut akan berada di lokasi yang berbeda dari basis industri lama yang cenderung berada di yurisdiksi pajak yang lebih tinggi.

Dan penurunan pembakaran internal yang lama dan lambat membuat penghematan itu semakin optimal. Tak seorang pun di pabrik busi bisa mendapatkan kenaikan gaji jika penjualan menurun. Tidak ada karyawan baru juga. Beberapa wilayah pabrik akan menolak jika mereka tidak dapat menarik produsen dengan produk baru yang inovatif. Pola yang sama ini berlaku untuk peternakan hewan kecil dan untuk sekolah.

Penurunan kecil dalam permintaan berarti penurunan yang tidak proporsional untuk bisnis dan tenaga kerja. Di banyak industri, cenderung ada pengelompokan di break even point, yaitu titik di mana pendapatan sama dengan modal yang dikeluarkan. Akankah penurunan 1% dalam konsumsi daging babi berarti penurunan 3% dalam jumlah peternakan atau penurunan 5%?

b. Kehilangan identitas dan martabat
Jika Anda menghabiskan hidup Anda di pabrik atau di peternakan babi atau di ruang kelas - pabrik itu, atau peternakan itu, atau ruang kelas itu adalah hidup Anda. Identitas profesional Anda - bagi banyak orang - adalah identitas publik terpenting mereka.

Tanggapan yang salah terhadap paradoks ini adalah menjauh dari kemajuan. Kita menginginkan energi alternatif, makanan yang lebih sehat, dan pilihan dalam pendidikan, bahkan dengan biaya yang dijelaskan di atas.

Dari pada mengabaikan atau melawan kemajuan, kita perlu mendorong inovasi sebanyak mungkin. Cara terbaik untuk memberikan keamanan kerja adalah dengan membuatnya semudah mungkin menciptakan pekerjaan baru.

Dengan kata lain, jangan fokus melawan berita buruk. Cara terbaik untuk mengalahkan kabar buruk adalah dengan menghasilkan kabar baik sebanyak mungkin. Dengan begitu teknologi, inovasi, dan disrupsi menjadi teman kita.

c. Perubahan akan datang
Mari kita pastikan memiliki semangat kewirausahaan untuk menciptakan pekerjaan dan pertumbuhan yang kita butuhkan. Mari kita pastikan kebahagiaan mengalahkan ketidakbahagiaan.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading