Ini Alasan Pemerintah Wajibkan Registrasi Ulang Kartu Seluler

Tech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
27 February 2018 18:45
Program Registrasi Ulang Kartu Prabayar merupakan upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan nomor telekomunikasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Program Registrasi Ulang Kartu Prabayar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), merupakan upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan nomor telekomunikasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kominfo Rudiantara dalam rilisnya. "Operator mempunyai sistem yang berstandar internasional untuk menjaga data dan kerahasiaan informasi dari pelanggan," ujar Rudi.

Selain itu, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys, menyampaikan bahwa registrasi ulang kartu prabayar tersebut juga menjadi salah satu upaya pembenahan data pelanggan yang dimiliki oleh operator telekomunikasi.


Menurut Merza, data pelanggan prabayar yang dimiliki operator saat ini kebanyakan adalah data palsu yang tidak dapat digunakan. Sehingga harus dilakukan pembenahan melalui program tersebut.

"Garbage in, garbage out. Jika kita menyimpan data begitu banyaknya tapi dalam bentuk sampah, keluarnya juga masih sampah. Oleh sebab itu pemerintah mulai menjalankan proram registrasi pelanggan prabayar," ujar Merza, dirilis dari website Kominfo.

Dirinya menambahkan, setelah program tersebut berakhir, operator telekomunikasi akan terus menjaga pendaftaran untuk SIM Card baru agar selalu menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga yang valid.

Selanjutnya, kerjasama pelaku industri telekomunikasi dengan pemerintah melalui program tersebut, akan melengkapi dan memperbarui data-data yang ada di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Sehingga dengan identitas pengguna kartu yang benar dan akurat, dapat menjadi prasyarat untuk transaksi digital yang aman kedepannya.
Artikel Selanjutnya

Ini Cara Registrasi SimCard Prabayar


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading