Startup

Ini Biaya yang Dikenakan Go-Jek dan Tokopedia Pada Konsumen

Tech - Roy Franedya & Tito Bosnia, CNBC Indonesia
14 February 2018 14:33
Ini Biaya yang Dikenakan Go-Jek dan Tokopedia Pada Konsumen
Jakarta, CNBC Indonesia — Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meminta layanan Financial Teknologi (Fintech) lebih transparan untuk melindungi konsumennya. Pasalnya, ada beberapa layanan yang menarik fee tanpa penjabaran lebih lanjut tentang biaya tersebut.

“Setiap transaksi bank baik melalui Go-Jek, Tokopedia pasti ada semacam fee nah itu harus dilihat dan diwaspadai. Terkait Peer to Peer Lending, mekanismenya juga harus transparan. Karena bank bertanggung jawab terhadap dana nasabah, sedangkan P2P Lending tidak," ujar Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK, di Gedung Ali Wardana Menko Perekonomian, Rabu (14/2/2018).

Lalu biaya apa saja yang dikenakan pada pembeli?


Pada toko online (e-commerce) Tokopedia sangat lazim mengenakan fee sebesar 1% pada transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Toko online beralasan fee tersebut sebagai biaya pemprosesan transaksi.


Adapun sistem pembayaran menggunakan transfer dan debit terlihat tidak terkena biaya, tetapi biaya tersebut sudah dimasukkan ke harga yang harus dibayarkan. Misalnya, beli token listrik Rp 200.000. Konsumen diminta membayar Rp 201.500.

Adapun transaksi menggunakan Gopay transaksi pembelian token listrik akan dikenakan biaya Rp 1.500. Biaya ini disebut sebagai biaya adminitrasi. Adapun transaksi pembelian pulsa untuk Telkomsel dikenakan biaya Rp 1.000 per transaksi. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading